Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, ANRI Launching Aplikasi Srikandi

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, ANRI Launching Aplikasi Srikandi

KOTABARU - Pemerintah Kabupaten Kotabaru resmi melaunching aplikasi Srikandi di Hotel Grand Surya, Jumat (5/5/2023).

Ini sebagai upaya tata kelola arsip lebih efesien dan efektif dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik menuju sistem kinerja pemerintahan yang transparan, akuntabel dalam penyediaan informasi yang autentik dan terpercaya serta terwujudnya pengelolaan arsip yang andal.

Aplikasi ini merupakan perpaduan dari praktik kearsipan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Penerapan aplikasi Srikandi ini juga didasari Peraturan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) nomor 4 tahun 2021 tentang Pedoman Penerapan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) yang bertujuan untuk mendorong kearsipan daerah menuju transformasi digital.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kotabaru, Khairil Fajri menyampaikan, launching Srikandi ini untuk mendukung penyelenggaraan Pemerintahan berbasis elektronik di Kotabaru.

"Saat ini kita sedang melaksanakan launching Srikandi dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik, yang bertujuan untuk mempermudah dalam hal surat menyurat maupun kearsipan yang ada di SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Kotabaru," terang Khairil.

Selain itu, keberhasilan penerapan aplikasi Srikandi ini tentu terletak pada peran, kolaborasi, dan komitmen yang kuat dari seluruh stakeholder di lingkungan pemerintah yang berkaitan sehingga tertib arsip, transformasi digital dalam kearsipan, dan penyelenggaraan dapat terwujud.

"Kami sangat bersyukur Pemerintah Daerah Kotabaru sangat mendukung dan mensupport dengan adanya penyelenggaraan Tata kearsipan melalui Srikandi ini," ungkapnya.

Bersamaan momen ini juga dilakukan penandatanganan berita acara Jadwal Retensi Arsip (JRA). Selain itu, diserahkan piagam dan plakat penghargaan kepada 2 SKPD, yaitu Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Rumah Sakit Pangeran Jaya Sumitra Kotabaru.

Juga 5 kecamatan, di antaranya Pulau Laut Utara, Pulau Laut Timur, Pulau Laut Tengah dan Kelumpang Tengah, Kelumpang Selatan yang terbaik dalam pengawasan penilaian kearsipan tahun 2022.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama