Pasca Kebakaran, Bupati Kotabaru Langsung Meninjau SDK Santa Maria

Pasca Kebakaran, Bupati Kotabaru Langsung Meninjau SDK Santa Maria

KOTABARU - Usai melakukan peninjauan jembatan runtuh di Desa Rampa Lama, Bupati Kotabaru Sayed Jafar langsung meninjau SDK Santa Maria pasca musibah kebakaran yang terjadi pada Minggu 30 April 2023 lalu. Bupati ingin memastikan fasilitas sekolah dapat difungsikan kembali.

Bupati Sayed turut didampingi Ketua TP PKK Kotabaru, Hj. Fatma Idiana Sayed Jafar, Kepala Dinas Pendidikan Kotabaru H. Selamet Riyadi, Kepala BKPSDM, Kepala BPBD, Kasatpol PP Kotabaru, Kadis Perkimtan, Kepala Bapenda, Kadishub beserta rombongan, Rabu (3/5/2023).

Bupati Sayed mengatakan, tujuan meninjau SD Kristen Santa Maria yang terkena musibah kebakaran untuk melihat secara langsung, apakah Sekolah Dasar Kristen Santa Maria tersebut dapat difungsikan atau tidak.

"Sayed Jafar menyampaikan, apabila sekolah SDK tersebut tidak bisa difungsikan maka kita harus cari alternatifnya bagaimana agar anak-anak sekolah disini bisa berjalan aktivitas belajarnya," terang Sayed.

Apalagi tambahnya, bangunan betonisasinya tersebut kita tidak tahu apakah layak untuk difungsikan atau tidak layak digunakan untuk proses mengajar dan belajar anak-anak yang bersekolah disini

"Kalau kita lihat, saya rasa tidak layak lagi, dan hari ini saya meminta kepada Kepala Dinas Pendidikan Kotabaru agar mencari orang yang ahli dalam memeriksa kelayakan bangunan betonisasinya tersebut untuk digunakan sebagai tempat belajar mengajar," ucapnya.

Bupati Sayed meminta kepada instansi terkait untuk meninjau kelayakan bangunan yang akan digunakan sementara oleh anak-anak SD Kristen Santa Maria dalam proses belajarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kotabaru, H Selamat Riyadi menyampaikan pihaknya mendapatkan amanah dari Bupati agar mencari seorang ahli konstruksi untuk mengetes bangunan betonisasi tersebut, dan apakah bangunan ini masih layak digunakan sebagai tempat proses belajar mengajar atau tidak.

"Kemudian bangunan tersebut apakah hanya perlu direhab, dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kotabaru menjadi sektor Pendidikan dan Sekolah Dasar, sehingga menjadi kewenangan Kabupaten," ujar Selamat.

Untuk itu, pihaknya juga akan berupaya mencari tenaga ahli untuk menguji bangunan betonisasi yang terbakar tersebut, dan alhamdulilah Bupati juga telah memberikan restu dan lampu hijau untuk menggunakan gedung sekolah tersebut untuk dijadikan sekolah SD Kristen Santa Maria.

"Untuk sementara dan sambil menunggu pihak yang melakukan uji kelayakan bangunan betonisasi di SD Kristen Santa Maria yang berada di jalan Diponegoro Desa Baharu Utara, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kabupaten Kotabaru," tuturnya.

Di kesempatan itu, Pembina SD Kristen Santa Maria, Suster Brigita mengaku bersyukur sekali atas perhatian dan dukungan dari Pemerintah daerah, dalam hal ini Bupati Kotabaru yang baru saja mendapat musibah kebakaran.

"Dengan dukungan ini, semoga saja kami tetap semangat dalam memberikan pendidikan terhadap anak-anak yang bersekolah di SD Kristen Santa Maria," ucap Suster Brigita.

Dalam kesempatan ini Bupati, Pemerintah daerah Kabupaten Kotabaru akan memberikan bantuan untuk pembangunan sekolah SD Kristen Santa Maria.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama