KSOP Kelas IV Pulang Pisau Terima Hibah Sertifikat Tanah Pelabuhan Bahaur

KSOP Kelas IV Pulang Pisau Terima Hibah Sertifikat Tanah Pelabuhan Bahaur

PULANG PISAU - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Pulang Pisau  menerima hibah berupa sertifikat tanah pelabuhan Bahaur dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau.

Penyerahan hibah ditandai dengan penandatanganan oleh kedua pihak, yakni antara Pemkab dan KSOP Kelas IV Pulang Pisau, Senin (29/5/2023) di Halaman Kantor KSOP daerah setempat.

Penandatangan oleh pihak Pemkab sendiri dilakukan Sekda Pulang Pisau Tony Harisinta, sedangkan pihak KSOP langsung oleh M Arief Prasetyo R, SE, MA sebagai Kepala KSOP Kelas IV Pulang Pisau.

"Hibah tanah ke pihak KSOP Pulang Pisau ini atas dasar tujuan pembangunan nasional, khususnya di Kabupaten Pulang Pisau. Juga sebagai bentuk keselarasan program pembangunan antara pemerintah pusat dan Pemkab Pulpis, guna mendorong terciptanya pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat serta pelayanan publik di bidang perhubungan laut," kata Sekda saat membacakan sambutan Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang pada kegiatan tersebut.

Dia menyebut, penandatangan dokumen administratif penyerahan aset berupa hibah ini melalui dan sesuai Keputusan Bupati Pulang Pisau Nomor 162 Tahun 2022 tentang Persetujuan Hibah Tanah Milik Pemkab Pulang Pisau kepada Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub RI.

Selanjutnya, melalui Keputusan Bupati Pulang Pisau Nomor 358 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Hibah Berupa Tanah Milik Pemkab Pulang Pisau kepada Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub RI.

Kemudian lagi, melalui perjanjian Hibah antara Pemkab Pulang Pisau dan Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub RI, dan Berita Acara serahterima tanah milik Pemkab Pulang Pisau.

"Ini semuanya untuk kepentingan umum, kemajuan roda perekonomian masyarakat serta membuka peluang lapangan pekerjaan dan dapat meningkatkan PAD. Untuk hal ini nantinya di daerah dikelola oleh pihak KSOP Kelas IV Pulang Pisau," tuturnya.

Sekda menambahkan, pihaknya juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh personel Dishub Pulang Pisau atau dedikasi dan tanggungjawabnya dalam menjaga Pelabuhan Bahaur selama ini.

"Besar harapan saya, KSOP Kelas IV Pulang Pisau dapat melanjutkan apresiasi kami dengan memberikan kesempatan anak-anak kami yang pernah bertugas di Pelabuhan Bahaur dapat diberikan kesempatan untuk berkarya kembali di lingkungan pelabuhan. Kami juga harapkan terus jalan silaturahmi, koordinasi demi terwujudnya sinergitas," pungkasnya.

Sementara, Kepala KSOP Kelas IV Pulang Pisau M Arief Prasetyo R, SE, MA mengatakan, pihaknya berterimakasih kepada Pemkab Pulang Pisau yang telah menghibahkan sertifikat tanah pelabuhan Bahaur kepada KSOP Pulang Pisau.

"Nantinya kami siap mengelola hal tersebut. Sekali saya dan seluruh staf KSOP Kelas IV Pulang Pisau mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Pulang Pisau, khususnya kepada Ibu Bupati, pak Sekda dan seluruh jajarannya," ucap Arief sapaan akrab kepala KSOP.

Sementara lagi, acara yang dirangkai dengan ramah tamah itu dihadiri, Kepala Dishub Pulang Pisau beserta staf, Bidang Aset di BPPKAD Pulang Pisau, satpol PP, para pegawai KSOP Kelas IV Pulang Pisau dan sejumlah tamu undangan lainnya. 

Kemudian, acara ditutup dengan doa dan makan bersama serta diiringi musik dan sejumlah artis lokal, juga penyerahan cindera mata.[manan]

Lebih baru Lebih lama