Dikawal Bank Kalsel, Bapenda Kotabaru Lakukan Operasi Sisir di Kelumpang Hilir

Dikawal Bank Kalsel, Bapenda Kotabaru Lakukan Operasi Sisir di Kelumpang Hilir

KOTABARU - Untuk meningkatkan PBB-P2 tahun 2023, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kotabaru melaksanakan Operasi Sisir PBB-P2 di wilayah Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Operasi yang terfokus di aula kantor Desa Tegal Rejo Kecamatan Kelumpang Hilir ini dipimpin langsung oleh Kepala Bapenda Kotabaru, Drs H Akhmad Rivai, didampingi Kabid Pajak Daerah I Misa Herayanti.

Juga turut Kabid Pajak Daerah II Barsiah, Kasubit Pemeriksaan dan Penetapan I Nevi Rahayu Ningsih, Analis Keuangan Pusat dan Daerah Kotabaru Siswanto dan Yenni Wolantari, Plt Kasi Pendataan dan Pendaftaran Eko Syarifani Fahmi beserta staf.

Kegiatan juga dihadiri Kasi PPMD Kecamatan Kelumpang Hilir, Lanjar Titi Sumarni SE dan perwakilan Bank Kalsel Kotabaru, Winda Selasa (30/5/2023).

Akhmad Rivai mengatakan, operasi sisir PBB-P2 ini merupakan kegiatan jemput bola yang dilaksanakan untuk memudahkan pelayanan pembayaran pajak terhadap masyarakat, khususnya di wilayah kecamatan Kelumpang Hilir dan sekitarnya.

"Operasi sisir PBB-P2 ini meliputi Kecamatan Kelumpang Hilir, Kecamatan Utara, Kelumpang Barat, Kelumpang Hulu, Kelumpang Tengah dan Hampang," kata Akhmad Rivai.

Sebelumnya juga telah melaksanakan operasi sisir di kantor Kecamatan Pulau Laut Timur Kabupaten Kotabaru. Ini bertujuan untuk percepatan pembayaran pajak dengan cara melaksanakan operasi sisir atau dapat disebut dengan istilah jemput bola.

Selain itu juga, untuk mempermudah pelayanan pajak di setiap desa dan bisa langsung membayar ke kantor Kecamatan, karena di sana sudah ada petugas pelayanan pajak, sehingga para wajib pajak tidak perlu lagi datang ke Kantor Pendapatan Daerah Kotabaru.

"Hal ini kami lakukan untuk mempermudah dalam pelaksanaan pelayanan kepada para wajib pajak, meningkatkan PAD Kotabaru dan juga dalam rangka memperingati HUT jadi Kotabaru yang ke-73 tahun. Kami juga menyarankan untuk jatuh tempo pembayaran PBB-P2 nya pada tanggal 31 Mei 2023, yang jelas pelaksanaan operasi sisir ini dalam rangka meningkatkan PAD Kotabaru," jelas Akhmad Rivai.

Sementara, Lanjar Titi Sumarni juga mengatakan, operasi sisir PBB-P2 ini sangat bermanfaat dan memudahkan masyarakat Kelumpang Hilir dan sekitarnya dalam membayar pajak.

"Biasanya kami datang ke kantor Bapenda Kotabaru untuk membayar pajak, tapi hari ini kami tidak perlu jauh-jauh datang ke Kotabaru karena Bapenda Kotabaru sendiri melaksanakan Operasi Sisir PBB-P2 dengan turun langsung ke Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru," terang Lanjar.

Sementara itu, Perwakilan Bank Kalsel, Winda menjelaskan keikutsertaan Bank Kalsel dalam operasi sisir PBB-P2 ini merupakan pengalaman pertama.

"Dengan adanya operasi sisir ini, bagi kami sangatlah baik sekali, sehingga apa yang menjadi kendala mereka yang wajib Pajak dapat kami ketahui," ungkapnya.

Pajak yang dibayar oleh para wajib pajak ke Bapenda Kotabaru akan masuk ke Bank Kalsel Kotabaru untuk kemudian disetorkan ke Kas Daerah Kabupaten Kotabaru.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama