Bupati Zairullah Buka Event Budaya Maritim Pesona Mappanre Ri Tasi ‘E 2023

Bupati Zairullah Buka Event Budaya Maritim Pesona Mappanre Ri Tasi ‘E 2023

BUPATI Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar memberikan sambutan pada event Mappanre Ri Tasi ‘E tahun 2023.| foto : ade

BATULICIN — Bupati Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar secara resmi membuka event budaya maritim pesona Mappanre Ri Tasi ‘E tahun 2023 di lapangan 7 Februari Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Sabtu (20/5/2023).

Selain itu juga dilakukan pemotongan pita oleh Wahyu Windarti Zairullah untuk membuka Expo Tanah Bumbu atau pameran.

Bupati Zairullah Azhar dalam sambutannya ucapkan terima kasih kepada Sekretaris Daerah (Sekda) H. Ambo Sakka sebagai ketua pelaksana, pemerintah daerah, dan pimpinan perusahaan yang telah membantu dan memberikan dukungan sehingga acara tersebut dapat terlaksana.

"Terima kasih kepada Sekda, jajaran pemerintah daerah, dan Pimpinan Perusahaan yang luar biasa, yang telah memberikan support dan dukungan dengan sungguh-sungguh dan ikhlas karna bersama ingin memajukan Tanah Bumbu yang kita cintai," ucap abah Zairullah.

Bupati mengatakan event Mappanre Ri Tasi ‘E sudah dilaksanakan ratusan tahun lalu jauh sebelum Tanah Bumbu dibentuk dan juga berterima kasih kepada lembaga adat, karna sampai sekarang masih berlanjut.

Event Mappanre Ri Tasi ‘E tahun 2023 ini,  mengangkat tema “Nelayan Berkah, Tanah Bumbu Sejahtera”.

Tema tersebut sebagai ungkapan doa dan rasa syukur atas hidayah yang diberikan Allah SWT berupa lautan yang luas dan hasil yang melimpah.

“Tanah Bumbu ini khususnya laut yang begitu luas, dari Satui sampai Batulicin ini tentu menghasilkan luar biasa rezeki yang telah dirasa dan didapatkan oleh masyarakat Tanah Bumbu,” kata Zairullah.

Mengawali pelaksanaan Mappanre Ri Tasi ‘E 2023 ini, sebut Zairullah maka digelar Expo Tanah Bumbu atau pameran dengan tema “Meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat untuk berkah kita semua di Tanah Bumbu”.

Sekda Ambo Sakka menyampaikan bahwa Expo tahun 2023 diikuti oleh 10 kabupaten/kota yakni Dekranasda Kalimantan Selatan, Banjarmasin, Banjarbaru, Tapin, Tabalong, Tanah Laut, Kotabaru, Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah, dan Kabupaten Banjar.

Expo tahun ini juga berbeda dari tahun sebelumnya karna semua stand yang ada di tenda roder dan kerucut tidak dikenakan biaya sewa. "Sesuai arahan Bupati, seluruh stand baik yang ada didalam tenda roder maupun tenda kerucut, itu digratiskan pemakaiannya," ungkap Ambo Sakka.

Sekda juga mengungkap perusahaan yang ikut berpartisipasi sebanyak 55 perusahaan, terdiri dari pertambangan, perkebunan, perbankan, dan perusahaan-perusahaan lain yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

Kegiatan Event Mappanre Ri Tasi ‘E tahun 2023 sekaligus dalam rangka memperingati 20 tahun Kabupaten Tanah Bumbu yang dibuka tanggal 20 Mei - 4 Juni 2023.[ade]

Lebih baru Lebih lama