Lagi, Wabup Kotabaru Sebarkan Bantuan Stunting

Lagi, Wabup Kotabaru Sebarkan Bantuan Stunting

KOTABARU - Wakil Bupati Kotabaru, Andi Rudi Latif SH, kembali menyerahkan bantuan stunting lanjutan tahap dua di wilayah daratan Kalimantan, yang mana sebelumnya di wilayah Pulau Laut dan Kepulauan.

Penyerahan bantuan stunting di wilayah daratan Kalimantan ini dilaksanakan di Pendopo Desa Telaga Sari Kecamatan Kelumpang Hilir, Selasa (4/4/2023).

Bantuan tersebut diberikan selama 6 bulan dengan 6 tahapan untuk 75 anak penderita stunting yang tersebar di 22 Kecamatan se-Kabupaten Kotabaru.

Andi yang sekaligus Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kotabaru ini menyerahkan bantuan secara simbolis kepada lima anak penyandang stunting yang didampingi orangtua anak, dalam bentuk paket asupan gizi tambahan untuk lima Desa di Kecamatan Kelumpang Hilir dan Selatan.

"Bantuan ini merupakan program non APBD yang diinisiasi langsung oleh Ketua TPPS bersama Dandim 1004/ktb selaku Bapak Asuh Stunting dan Yayasan Lazis Assalam Fil Alamin (Asfa) Kalsel," tuturnya.

Ia berharap melalui program ini mampu mengedukasi penerima manfaat akan pentingnya pola hidup sehat, sekaligus memantau perkembangan anak secara teratur, yang dimonitor langsung oleh Nakes Puskesmas setempat.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Puskesmas yang telah memberikan perhatian khusus, ke depannya kita dapat bersama-sama menekan angka stunting," ujarnya.

Teruntuk bagi wanita hamil diprioritaskan perhatian khusus agar terhindar dari stunting melalui langkah pencegahan. Mengenai permasalahan stunting merupakan prioritas nasional.

"Kami kembali menekankan perkuat kolaborasi, khususnya di lini ujung tombak, baik dari Puskesmas, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kades, untuk terus memonitor penanganannya sampai prevalensi stunting menyusut sebesar 14 persen secara nasional pada tahun 2024," pungkasnya.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama