Tingkatkan Hasil Tangkap Nelayan, Dinas Perikanan Berikan Alat Pendeteksi Ikan

Tingkatkan Hasil Tangkap Nelayan, Dinas Perikanan Berikan Alat Pendeteksi Ikan

FOTO bersama saat pelatihan fish finder.| foto : istimewa

BATULICIN — Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Perikanan memberikan bantuan alat pendeteksi ikan (Fish Finder) dan gelar pelatihan penggunaan alat tersebut kepada nelayan.

Pelatihan penggunaan alat bantu perikanan fish finder itu dilaksanakan di Desa Sungai Cuka,Kecamatan satui, Jum’at (17/3/23).

Kepala Dinas Perikanan Tanah Bumbu Dahliansyah melalui M.Rizwan selaku Analis Kebijakan Ahli Muda Bidang Perikanan Tangkap  mengatakan, pemerintah daerah berharap dengan adanya bantuan fish finder dan pelatihan ini bisa meningkatkan hasil tangkapan ikan nelayan dan meningkatkan taraf hidupnya menjadi keluarga sejahtera.

“Fish finder yang diserahkan kepada KUB Maju Bersama Desa setarap sebanyak 6 unit dan KUB Lobster 2 Desa Sungai Cuka sebanyak 11 unit,” ungkap M Rizwan yang juga instruktur pelatihan ini, beberapa hari lalu.

Adapun peserta berasal dari Desa Setarap dan Sungai Cuka, dimana para peserta merupakan anggota dari kelompok usaha bersama (KUB) penerima bantuan dari Pemkab Tanbu melalui Dinas Perikanan.

Rizwan menyampaikan, pelatihan yang dilaksanakan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan peningkatan kapasitas nelayan dimana kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian nelayan dalam melakukan kegiatan usaha penangkapan ikan.

Fish finder adalah alat pendeteksi ikan modern yang biasa digunakan di perairan luas. Dengan menggunakan alat fish finder diharapkan mampu meningkatkan hasil tangkap nelayan.[ade]

Lebih baru Lebih lama