Tanggung Jawab, Manfaatkan Dana Desa dengan Baik

BUNTOK - Setiap pemerintah desa yang ada di Kabupaten Barito Selatan  (Barsel) memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) warganya dengan memanfaatkan penggunaan dana desa yang telah disediakan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

Hal ini seperti disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi I DPRD Barsel, Jarliansyah.

Ia mengatakan, manfaat dana desa tidak serta merta hanya untuk meningkatkan sarana maupun prasarana atau infrastruktur desa saja, akan tetapi pentingnya meningkatkan kapasitas SDM juga diperlukan.

“Memang sarana dan prasarana ini penting, tapi jangan sampai melupakan kualitas SDM di desa. Karena itu sama pentingnya. Apabila desa banyak memiliki SDM berkualitas maka desa pun akan cepat maju dan berkembang,” ucap Jarliansyah, Senin (6/3/2023).

Menurut wakil rakyat Bumi Batuah, dalam memanfaatkan dana desa untuk meningkatkan kapasitas SDM, pemerintah desa bisa mencanangkan program pelatihan keterampilan.

Dengan penggunaan dana desa yang lebih maksimal, lanjutnya, maka akan dapat menciptakan desa yang mandiri, dengan begitu kesejahteraan masyarakat pun dapat meningkat. 

“Jadi tidak hanya tugas pemerintah saja tapi juga desa. Harapan kita ini bisa diperhatikan dan diterapkan, sehingga desa akan bisa cepat maju dengan adanya SDM yang memadai,” pungkasnya.[deni]


loading...