Ratusan Peserta Ramaikan Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung

Ratusan Peserta Ramaikan Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung

SUASANA pembukaan Festival Seni Budaya TMPT di Kuala Kapuas.| foto : zulkifli

KUALA KAPUAS - Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung (TMPT) rangkaian memeriahkan dan menyambut Hari Jadi ke-217 Kota Kuala Kapuas dan HUT ke-72 Pemerintah Kabupaten Kapuas, secara resmi dibuka langsung oleh Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat didampingi Ketua TP PKK Ny Ary Egahni Ben Bahat, Sabtu (11/3/2023) sore di GOR Pananjung Tarung Kota Kuala Kapuas Jalan Maluku, Kuala Kapuas, Kalteng.

Pembukaan event tahunan memeriahkan Hari Jadi Kapuas ini ditandai dengan pemukulan katambung (alat musik sejenis kendang khas Suku Dayak) secara bersama. 

Dari pantauan metrokalimantan para peserta yang hadir tampak antuasias  ragam atraksi seni tari khas daerah ditampilkan putra-putri dengan pakaian adat serta aksesoris khas Suku Dayak.

Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung merupakan agenda tahunan Bidang Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) Kapuas yang akan disiapkan untuk mengikuti event-event dan agenda kegiatan yang ada serta sebagai duta kebudayaan daerah Kabupaten Kapuas.

Plt Kepala Disbudpora, Agusthe Andreas Noah selaku Ketua Panitia Penyelenggara menyampaikan, total 903 orang yang merupakan perwakilan dari 15 wilayah kecamatan serta beberapa sekolah dan komunitas grup seni yang ada di Kabupaten Kapuas mengikuti event tersebut.

"Kegiatan ini digelar 11 sampai 18 Maret 2023. Ada  beberapa yang dilombakan, di antaranya lomba tari pedalaman, lomba karungut, lomba lawang sakepang, lomba bagasing, lomba balogo dan lomba sumpit/manyipet.

Selain itu juga ajang pemilihan Jagau Linga dan Bawi Kameluh, nantinya putra putri terpilih sekaligus sebagai duta wisata.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama