Jelang Ramadhan, Wabup Kotabaru Monitoring Penyaluran Bansos di Desa Rampa Lama

Jelang Ramadhan, Wabup Kotabaru Monitoring Penyaluran Bansos di Desa Rampa Lama

KOTABARU - Menjelang bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriah, Wakil Bupati Kotabaru, Andi Rudi Latif sekaligus Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kotabaru melakukan monitoring penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Sembako tahap I Tahun 2023.

Monitoring, Rabu (15/3/2023) dilakukan di Aula Kantor Desa Rampa Lama, kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan.

Bantuan PKH Dinsos Kotabaru dan sembako dari Kementerian Sosial RI diserahkan Wabup secara simbolis kepada 659 Kepala Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam bentuk uang tunai dengan total sebesar Rp550.025.000.

Wabup Andi menyampaikan, bantuan yang bersumber dari APBN 2023 ini akan disalurkan selama 4 tahap dalam satu tahun di 22 Kecamatan se-Kabupaten Kotabaru.

Adapun jumlah penerima KPM dari PKH dari Kementerian Sosial melalui Dinsos Kotabaru berupa yang akan disalurkan lewat PT Pos Indonesia Cabang Kotabaru sebanyak 8.409 dengan total uang tunai yang disalurkan sebesar Rp7.423.575.000.

Bantuan ini diberikan dalam rangka peningkatan kesejahteraan PKM, baik di bidang sosial, kesehatan dan pendidikan, sekaligus bagian dari upaya pencegahan stunting, kemiskinan ekstrim, serta mengurangi dampak inflasi daerah.

"Dengan harapan agar dapat mendorong daya beli masyarakat kita, khususnya keluarga pra sejahtera," ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya melalui TKPKD Kabupaten Kotabaru akan terus berupaya mencarikan solusi terkait permasalahan yang ada di masyarakat, baik dengan dana APBN, APBD maupun pihak ketiga.

Kepada keluarga penerima manfaat agar mempergunakan bantuan tunai yang diterima tersebut digunakan dengan sebaik-baiknya sesuai kebutuhan. Selain itu, juga diharapkan uang yang diterima dipergunakan dengan sebaik mungkin, untuk keperluan rumah tangga sehari-hari.

"Jalani hidup dengan ikhlas, kita luruskan niat, legowo dan ikhtiar selebihnya dan bertawakal, apapun yang terjadi dalam kehidupan itulah yang terbaik dan harus kita jalani serta disyukuri," tandasnya.

Di sisi itu, Kepala Desa Rampa Lama, Samsir Alam mengucapkan terima kasih kepada Wabup yang berkenan hadir menyaksikan sekaligus menyerahkan Bansos tahap 1 secara simbolis kepada KPM masyarakat Desa Rampa Lama.

Di antara mereka yang berhak menerima bansos PKH ini yaitu ibu hamil, balita, anak sekolah, lansia 60 tahun ke atas dan orang dengan penyandang disabilitas.[zainuddin]
Lebih baru Lebih lama