Pemkab Tanbu Targetkan Tingkat Kemiskinan Nol Persen

Pemkab Tanbu Targetkan Tingkat Kemiskinan Nol Persen

KEPALA Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Samsir.| foto : istimewa

BATULICIN — Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menargetkan tingkat kemiskinan ekstrem hingga mencapai nol persen pada tahun 2024.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu, Samsir, SE M.A.P menyebutkan, sebanyak 5.683 Kepala Keluarga di Tanbu menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD).

“Tahun ini ada sebanyak 5.683 KK yang menerima BLT DD, yang dianggarkan selama 12 bulan,” kata Samsir saat mengikuti pertemuan dengan seluruh Kepala Desa bersama Bupati Zairullah Azhar, di Batulicin, belum lama ini.

Ia menjelaskan, BLT DD adalah salah satu kategori bantuan sosial yang disalurkan oleh pemerintah melalui Dana Desa atau APBDesa.

Adapun daftar penerimanya sudah diverifikasi oleh desa melalui Musyawarah Desa (Musdes), dan ditetapkan dalam Peraturan Kepala Desa (Perkades) sesuai dengan kewenangannya.

“Verifikasinya tentu melibatkan RT dan RW, kepala desa, BPD, Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kemendes, dan rumah tangga miskin, sehingga penyaluran bantuan tepat sasaran,” jelas Samsir Kadis yang murah senyum itu.

Selain itu, Samsir menyebutkan dari 171 desa, saat ini sudah 61 desa dilakukan penyaluran.

“Mudahan-mudahan sisanya segera disalurkan,” harapnya.[ade]

Lebih baru Lebih lama