DLH Dukung HPSN Wujudkan Tanah Bumbu Bersujud Menuju Serambi Madinah

DLH Dukung HPSN Wujudkan Tanah Bumbu Bersujud Menuju Serambi Madinah

PEMILAHAN sampah dalam upaya mendukung HPSN.| foto : istimewa

BATULICIN – Dalam rangka mendukung peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Kabupaten Tanah Bumbu keluarkan surat edaran guna menindaklanjuti arahan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (MENLHK RI).

Surat edaran tersebut disampaikan Bupati Tanah Bumbu H.M. Zairullah Azhar melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu beberapa waktu lalu.

"Peringatan HPSN itu untuk mewujudkan Kabupaten Tanah Bumbu Bersujud yang indah dan nyaman," kata Kepala DLH Rahmat Prapto Udoyo melalui Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (PSLB3), Indah Maya Suryanti.

Ia menambahkan, sekaligus sejalan dengan motto Bumi Bersujud menuju Serambi Madinah dan sebagai bentuk partisipasi dalam upaya penurunan emisi gas rumah kaca tingkat nasional melalui rencana aksi pencapaian zero waste and zero emission dari subsektor limbah padat domestik (sampah).

"Seluruh unsur pemerintah, swasta/perusahaan, dan organisasi/lembaga lainnya agar bersinergi mendorong, menggerakkan, mendukung dan memfasilitasi komponen masyarakat untuk membangun budaya dan partisipasi masyarakat melalui pilah sampah," minta Indah Maya Suryanti.

Optimalisasi komitmen serta peran aktif semua pihak melalui kegiatan pemilahan dan pemanfaatan sampah sebagai bahan baku daur ulang untuk mengurangi timbulan sampah yang masuk ke TPA.[ade]

Lebih baru Lebih lama