Serapan Anggaran Maksimal Berdampak pada Pertumbuhan Ekonomi

BUNTOK - Anggota DPRD Barito Selatan (Barsel), Nurul Hikmah mengatakan, dengan penyerapan anggaran yang maksimal dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi di masyarakat.

Pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi upaya Pemerintah Kabupaten Barito Selatan yang melaksanakan penandatanganan kontrak pengadaan barang dan jasa di awal tahun tersebut.

“Kita sangat mengapresiasi kick off penandatanganan kontrak secara kolektif. Itu juga merupakan momen strategis dimulainya pelaksanaan program di awal tahun anggaran,” katanya, Senin (23/1/2023).

Menurutnya, kick off atau mulainya pengerjaan kontrak sudah ditandatangani Pemkab Barsel. Hal ini dinilai sebagai salah satu upaya memaksimalkan serapan anggaran. 

Dengan terserapnya anggaran secara maksimal, lanjutnya, maka akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat. 

Ia menyarankan agar pejabat dalam penandatanganan kontrak dapat mengambil kebijakan sesuai ketentuan yang berlaku. Apabila ditemukan kendala di lapangan dengan waktu yang cukup tersedia, pejabat penandatangan kontrak dapat mewujudkan efisiensi pelaksanaan pengadaan barang/jasa. 

Di samping itu, kualitas pekerjaan oleh penyedia dapat tercapai dengan maksimal, sehingga usia ekonomis suatu aset pengadaan barang/jasa yang telah direncanakan dapat terwujud dengan baik sesuai harapan bersama. 

“Tingkatkan koordinasi, sinergi dan sinkronisasi seluruh terhadap pelaksanaan barang/jasa pemerintah kabupaten,” pungkasnya.[deni]

loading...