Nataru, Telkomsel Sukses Kawal Kenyamanan Konektivitas dan Layanan Digital Pelanggan

SELAMA periode Natal dan Tahun Baru 2022/2023, trafik akses broadband Telkomsel meningkat 11,6 persen dari rerata hari biasa 2022 dan 13 persen dibandingkan periode Nataru tahun sebelumnya.| foto : telkomsel

JAKARTA - Telkomsel sebagai connectivity enabler telah memastikan kelancaran dalam mendampingi dan memenuhi kebutuhan komunikasi maupun aktivitas digital pelanggan selama momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru 2022/2023) lalu. 

Trafik akses broadband Telkomsel tercatat tumbuh 11,6 persen dibanding rerata hari biasa 2022, atau melonjak hingga 13 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Keberhasilan dalam mengoptimalisasi infrastruktur konektivitas dan layanan digital yang prima ini merupakan wujud komitmen Telkomsel dalam membuka peluang lebih luas bagi seluruh lapisan masyarakat untuk ‘Satukan Semangat, Bangkit Lebih Kuat’ dalam menyongsong fase kehidupan di masa mendatang yang penuh tantangan.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengatakan, Telkomsel mengucapkan selamat Hari Raya Natal 2022 bagi umat Nasrani yang merayakan dan selamat Tahun Baru 2023 bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Semoga momen yang penuh harapan ini dapat menjadi momentum bagi kita sebangsa dan se-Tanah air untuk bersama-sama mendorong komitmen dalam ‘Satukan Semangat, Bangkit Lebih Kuat’ dalam menghadapi berbagai tantangan di masa mendatang," tuturnya. 

Memasuki tahun yang baru ini, Telkomsel konsisten untuk terus bergerak maju dalam membuka lebih banyak peluang kemajuan bagi seluruh masyarakat untuk lebih berdaya, dengan mengoptimalkan berbagai potensi melalui pemanfaatan teknologi digital yang hadir di setiap aspek kehidupan.

Selama momen perayaan Nataru 2022/2023, peningkatan aktivitas masyarakat dalam mengakses layanan digital berimbas pada kenaikan trafik layanan data (payload) sebesar 11,6 persen dibandingkan dengan rerata hari biasa di tahun 2022 atau sekira 13 persen jika dibandingkan dengan periode Nataru tahun sebelumnya, dengan total payload mencapai 49,8 petabyte. 

Lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital di periode Nataru 2022/2023 tersebut didorong oleh peningkatan pada pemanfaatan layanan digital seperti akses media sosial hingga 11,9 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) yang mencapai 35,7 persen, video streaming sekira 6,1 persen, mobile gaming yang melonjak hingga 23,9 persen, akses browsing yang tumbuh 79,8 persen, dan layanan e-commerce yang turun hingga 0,3 persen. 

Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/ platform digital favorit seperti WhatsApp (tumbuh 32,9 persen), TikTok (meningkat 11,3 persen), Instagram (naik 24,6 persen), YouTube (turun 0,9 persen) dan Facebook (naik 6,5 persen).

Sedangkan untuk trafik layanan SMS tumbuh sebanyak 10,5 persen dan layanan suara mengalami penurunan trafik sekira 4,1 persen.

Saki lebih lanjut menambahkan, seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi dalam pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama momen NARU 2022/2023 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa, seperti di wilayah operasional Kabupaten Bogor (Provinsi Jawa Barat) tumbuh sekira 15,7 persen, Kabupaten Simalungun (Provinsi Sumatera Utara) tumbuh 41,7 persen, Kabupaten Bandung (Provinsi Jawa Barat) sebesar 15,3 persen, Kabupaten Deli Serdang (Provinsi Sumatera Utara) naik sekira 15,22 persen, dan Kota Bekasi (Provinsi Jawa Barat) tumbuh 11,06 persen. 

Seiring dengan kebijakan pemerintah yang memberi kemudahan masyarakat untuk mudik atau berlibur jelang perayaan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Telkomsel menemukenali adanya pergerakan pelanggan yang cukup signifikan dari Wilayah Jabodetabek ke sejumlah wilayah yang menjadi tujuan mudik, seperti Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta (tumbuh 2,9 persen), Jawa Barat (naik 2 persen), dan Sumatera Utara & Aceh (meningkat hingga 1,5 persen).

Selama momen Nataru 2022/2023, Telkomsel menegaskan komitmennya guna memastikan kelancaran dan kenyamanan pelanggan dalam menjalani beragam aktivitas digital berkat langkah antisipatif yang telah dilakukan, terutama di 493 Point of Interest (POI) di seluruh Indonesia.

POI tersebut mencakup 363 area spesial (seperti alun-alun dan pusat perbelanjaan), 59 titik pemberangkatan transportasi umum, 21 titik jalur utama mudik, 47 area residensial, 1 rumah sakit pusat penanganan Covid-19, dan 2 tempat ibadah. 

Secara keseluruhan, Telkomsel melakukan optimalisasi jaringan dengan mengintegrasikan 25.000 BTS 4G/LTE baru, menyiagakan 61 Compact Mobile BTS (Combat), menambah kapasitas internet gateway hingga 9.212 Gbps, melakukan optimalisasi network coverage pada lebih dari 196.000 BTS 4G/LTE se-Indonesia, serta melaksanakan pemantauan 24 jam secara remote/ virtual.

"Semoga kontribusi Telkomsel dalam menghadirkan konektivitas yang stabil, andal, merata, dan setara di sepanjang momen Hari Raya Natal 2022 dan pergantian tahun 2023 dapat mendampingi masyarakat untuk membangun optimisme dalam membuka lembaran baru," harapnya. 

Ke depannya, Telkomsel akan terus mendampingi masyarakat di setiap fase kehidupan agar kita semua dapat terus bergerak maju dengan ragam produk dan layanan yang customer centric dengan dukungan konektivitas digital berteknologi terdepan. 

"Kami berharap dapat terus melampaui batas dalam menghadirkan beragam solusi inovatif yang akan semakin membuka lebih banyak peluang bagi seluruh masyarakat guna mengoptimalkan beragam potensi kemajuan,” pungkas Saki.[]

loading...