Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Miliki Santri Penghafal Al-Qur'an Karna Program 1D1M

Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Miliki Santri Penghafal Al-Qur'an Karna Program 1D1M

KADIS Kominfo SP Tanah Bumbu Ardiansyah.| foto : istimewa

BATULICIN — Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfo SP) memiliki santri yang sudah hafal 6 juz Al-Qur'an di masjid desa binaannya yakni Desa Karang Mulya, Kecamatan Kusan Hulu.

Kebanggaan tersebut dikatakan Kepala Dinas Kominfo SP Tanah Bumbu Ardiansyah saat berkunjung ke Kantor Radio Swara Bersujud, Rabu (18/1/2023).

Ardiansyah mengatakan, semua masjid desa binaan Dinas Kominfo SP Tanah Bumbu terus menjalankan program unggulan Pemerintah Daerah Satu Desa Satu Masjid (1D1M) dengan baik, salah satunya sudah mencetak santri yang sudah hafal Al-Qur’an sebanyak enam juz.

"Sesuai dengan arahan Bupati Tanah Bumbu H.M. Zairullah Azhar, santri-santri yang sudah berprestasi akan diberikan penghargaan, dan penghargaan tersebut juga akan diberikan kepada anak yang berprestasi di bidang pendidikan lainnya," ungkap Kadis Kominfo SP.

Kemudian lanjutnya, masjid desa lainnya yang masih merupakan binaan Dinas Kominfo SP yakni Desa Nunggal Jaya Kecamatan Karang Bintang, Desa Sungai Danau Kecamatan Satui, dan Desa Suka Damai Kecamatan Mantewe juga sudah melaksanakan program 1D1M.

Dinas Kominfo SP melakukan pembagian jadwal untuk orang yang bermalam, karna tingginya antusias santri yang ingin mengikuti program tersebut.

”Seperti di Desa Karang Mulya antusias santri sangat membludak sekitar 70 orang yang ingin mengikuti program unggulan Pemda tersebut, kemudian untuk mengkondusifkan pelaksanaan 1D1M maka dilakukan pembagian," kata Ardiansyah.

Ardiansyah menjelaskan, setiap malam santri yang hadir akan dibatasi sebanyak 20 orang saja sesuai dengan kesepakatan pembagian yang dicantumkan dalam jadwal.

Adapun masjid  Desa Sungai Danau Kecamatan Satui dan di Desa Suka Damai Kecamatan Mantewe juga melaksanakan bermalam hingga tujuh hari yang mana juga sudah berjalan dengan baik.

Adapun kegiatan dalam pelaksanaan program 1D1M jelas Ardian sebutan akrab Kadis Kominfo SP Ardiansyah yaitu membaca Al Qur’an, menghafal Al-Qur’an, fikih, tauhid serta pelajaran dari sekolah jika ada santri yang kesulitan untuk menyelesaikan tugasnya akan dibimbing, sehingga ilmu agama dan pengetahuan umum bisa seimbang.[ade]

Lebih baru Lebih lama