Lagi, Kotabaru Raih Adiwiyata Nasional bagi Sekolah

KOTABARU - Salah satu sekolah di Kabupaten Kotabaru, tepatnya SMAN 1 Kelumpang Hulu, berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Nasional tahun 2022.

Penyerahan penghargaan Adiwiyata Nasional 2022 dilaksanakan pada 1 Desember 2022 di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jakarta.

Adiwiyata Nasional adalah penghargaan yang diberikan Pemerintah terhadap sekolah yang telah berhasil melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS).

Ini juga berdasarkan Peraturan Menteri LHK Nomor 52 Tahun 2019 tentang Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) Nomor 53 Tahun 2019 tentang Penghargaan Adiwiyata.

Gerakan PBLHS dilaksanakan sejak tahun 2006, yang dikenal dengan nama Program Adiwiyata. Ini bertujuan untuk mewujudkan perilaku warga Sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya pelestarian fungsi lingkungan hidup dan berdampak pada meningkatnya kualitas lingkungan hidup di sekolah dan daerah.

Bupati Kotabaru, Sayed Jafar sangat apreseasi dan menyambut baik diraihnya penghargaan Adiwiyata Nasional tahun ini.

Sayed mengharapkan dengan mendapatkan penghargaan Adiwiyata ini dapat memotivasi seluruh sekolah lainnya untuk sadar, sukarela, dan berkelanjutan menerapkan perilaku ramah lingkungan.

Baik itu, dari aspek kebersihan,  sanitasi, drainase, dan pengelolaan sampah, penanaman, serta pemeliharaan pohon atau taman-taman di lingkungan Sekolah masing-masing.

"Saya mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada sekolah dan semua pihak yang telah berpartisipasi aktif dan berinovasi dalam penilaian ini hingga berhasil meraih Adiwiyata," tuturnya.

Ia kembali berharap di tahun-tahun berikutnya akan lebih banyak lagi sekolah di Kotabay yang meraih penghargaan ini. 

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru, HM Maulidiansyah mengatakan, tahun 2022 ini penilaian Adiwiyata diikuti 789 peserta dari 27 provinsi.

Untuk itu, Ia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Kotabaru yang sering memberikan arahan, pembinaan, bahkan turun langsung ke lapangan terkait lingkungan ini.

"Termasuk pengelolaan lingkungan di sekolah-sekolah seperti, kebersihan, pengelolaan sampah dan penghijauannya," imbuhnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada tim penilai dan pembina Adiwiyata Kotabaru serta pihak sekolah yang telah mendukung.[zainuddin]

loading...