Hakordia, Bupati Abdul Hadi Minta Tidak Ada Praktik KKN

Hakordia, Bupati Abdul Hadi Minta Tidak Ada Praktik KKN

BUPATI Balangan, H Abdul Hadi saat memberikan sambutan di Hakordia 2022.| foto : istimewa

PARINGIN - Bupati Balangan, H Abdul Hadi menegaskan kepada semua jajaran di bawahnya untuk tidak melakukan praktik Korupsi, Kolusi dan Nepotisme atau KKN.

"Jangan berani-berani melakukan praktik KKN di Balangan, kita harus benar-benar menciptakan budaya anti korupsi,"ujarnya dalam sambutannya di peringati Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) Tahun 2022 sekaligus Sosialisasi tentang Pencegahan Korupsi, di aula Benting Tundakan Kecamatan Paringin Selatan, Senin (12/12/2022).

Bupati Abdul Hadi, juga menyampaikan bahwa pada tahun 2022 ini, Kabupaten Balangan dikategorikan dalam zona hijau terkait dengan pencegahan korupsi.

Ditegaskan Abdul Hadi, pencegahan dan pemberantasan korupsi juga tidak akan efektif kalau berjalan sendiri-sendiri, oleh karenanya semua pihak harus saling mendukung dan bersinergi.

Sementara itu, selaku narasumber, Kasi Pidsus Kejari Balangan, Fandy Ardiansyah juga menyampaikan agar pemerintah Daerah dan SKDP mengerti Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) masing-masing agar terhindar dari penyelewengan keuangan negara.

"Tujuan sosialisasi ini adalah, Pemkab Balangan dan SKPD agar mengerti Tupoksi masing-masing, karena Tupoksi ini sangat penting. Kalau sudah memahami dan menjalankan Tupoksinya dengan baik, tidak akan ada penyelewengan keuangan negara," ucapnya.

Fandy juga mengatakan, sebagai daerah termuda di Provinsi Kalimantan Selatan, Kabupaten Balangan akan lebih maju dalam menjalankan program pembangunan dengan terus bersinergi dengan APH (Aparat Penegak Hukum).

"Balangan sebagai daerah termuda di Kalimantan Selatan lebih bisa maju. Teruslah bersinergi dengan APH dan menjauhi perbuatan tercela dalam hal ini melakukan tindak pidana korupsi," harap Fandy.

Dilansir situs resmi Komis Pemberantasan Korupsi (KPK), tema Hakordia 2022 adalah "Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi". Melalui tema ini, KPK ingin mengajak dan memperkuat peran serta masyarakat dalam upaya memerangi korupsi.

Memberantas korupsi membutuhkan peran serta seluruh elemen masyarakat di negeri ini tanpa terkecuali.[agus/adv]


Lebih baru Lebih lama