Hadiri Rapat Paripurna Hari Jadi, Bupati Tala Sampaikan Capaian Prestasi

Hadiri Rapat Paripurna Hari Jadi, Bupati Tala Sampaikan Capaian Prestasi

PELAIHARI - DPRD Kabupaten Tanah Laut menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Memperingati Hari Jadi Ke-57 Kabupaten Tala di Gedung DPRD Tala, Jumat (2/12/2022).

Dalam sambutannya Bupati Tanah Laut, HM Sukamta mengatakan, salah satu faktor penting peningkatan kualitas hidup masyarakat tidak terlepas dari berbagai kebijakan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) pada bidang kesehatan di Bumi Tuntung Pandang julukan Tala.

Menurutnya, ada beberapa kebijakan di bidang kesehatan yang dinilai memiliki pengaruh terhadap peningkatan kualitas hidup bagi masyarakat Tala.

"Penambahan satu buah Puskesmas di Desa Panggung Kecamatan Pelaihari," ucapnya.

Menurut Sukamta, Puskesmas tersebut akan melayani satu kelurahan dan enam desa, yakni Kelurahan Pabahanan, Desa Pemuda, Panggung, Ambungan, Panggung Baru, Ujung Batu dan Tungkaran dengan jumlah penduduk sekitar 18,8 ribu jiwa.

Selain itu, Sukamta juga menyampaikan di hadapan DPRD Tala atas capaian kerjanya selama ini, yakni di antaranya soal Universal Health Coverage (UHC) menjadi kebijakan pada jaminan pembiayaan kesehatan atas kerja sama pemerintah daerah dengan BPJS untuk masyarakat Tala.

Cakupan UHC di Tala per 1 november 2022 dari jumlah penduduk 353.190 jiwa yakni sebanyak 340.329 jiwa atau 96,36 persen yang terdaftar sebagai peserta. Masih tersisa sebanyak 12.861 jiwa atau 3,64 persen yang belum terdaftar.

Selanjutnya, kebijakan terkait penanganan stunting, yang membuat pergerakan angka stunting menunjukan penurunan dalam dua tahun terakhir.

Delapan aksi konvergensi yang terus dilakukan memperlihatkan penurunan angka stunting dari yang semula 6,44 persen pada 2021 menjadi 4,28 persen pada 2022.

Tidak itu saja , Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau yang lebih dikenal dengan Germas juga menjadi kebijakan di bidang kesehatan lainnya yang mendorong peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Pada  rangkaian kegiatan Manunggal Tuntung Pandang (MTP) dengan melakukan pemeriksaan fisik, tanda tangan komitmen bersama, bergotong royong bersama, hingga makan buah dan sayur bersama.

Kebijakan lainnya yakni adanya Gerakan Cegah dan Tangani Anemia (GEN CETAR) yang menyasar remaja putri. Kegiatan ini juga sering diberikan saat pelayanan pada kegiatan MTP. 

Mencegah dan menangani masalah anemia, serta meningkatkan mutu gizi perorangan dan masyarakat melalui perbaikan pola konsumsi makanan.

Perbaikan perilaku sadar gizi dan peningkatan akses mutu pelayanan gizi dan kesehatan sesuai dengan kemajuan ilmu serta teknologi.

Terakhir disampaikannya,  peningkatan sarana dan prasarana pada dua rumah sakit tersebar di Tala saat ini yakni RSUD Hadji Boejasin di Pelaihari dan RSUD KH. Mansyur di Kintap.

Masuk dalam proyeksi kebijakan di bidang kesehatan yang juga dinilai memiliki pengaruh dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat.[advertorial]



Lebih baru Lebih lama