PMI Pulang Pisau Ajak Masyarakat Jangan Takut Donor Darah

PMI Pulang Pisau Ajak Masyarakat Jangan Takut Donor Darah

FOTO BERSAMA Dewan Kehormatan dan Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng) periode 2021-2026.| foto : manan

PULANG PISAU - Dewan Kehormatan dan Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng) periode 2021-2026 resmi dilantik, Selasa di Auditorium Rumah Sakit daerah setempat. 

Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Pengurus PMI Provinsi Kalimantan Tengah H Suhaemi. 

Selain Dewan Kehormatan dan Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI)  Kabupaten Pulang Pisau. Pelantikan turut dihadiri sejumlah pejabat lingkup Pemkab Pulang Pisau dan tamu undangan lainnya. 

Ketua PMI Kabupaten Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo mengatakan, ke depan pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan harapan antusias pendonor makin banyak. 

Hal ini, lanjutnya, tentu diperlukan aksi para antara PMI dan para relawan PMR serta para pihak di kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat ini untuk menciptakan stok darah.

"Yang terpenting kita perlu sinergitas untuk mensosialisasikan ke masyarakat sampai tingkat kecamatan, dan ke depannya lagi kita akan mencari formula atau cara agar bisa membangun markas dan gedung logistik sebagai wadah Bank Darah," sebutnya. 

Sebab, ungkap dr Mul yang juga sebagai Direktur RSUD Pulang Pisau mengatakan bahwa ketersediaan Bank Darah sendiri merupakan bagian dari tanggung jawab pihak rumah sakit untuk transfusi yang aman, berkualitas dan dalam jumlah yang cukup untuk mendukung fasilitas pelayanan kesehatan, khususnya di rumah sakit. 

"Jadi, perlu kami sampaikan darah yang baik itu dari kalangan keluarga, kalau darah dari orang lain sebagai persiapan. bukan berarti tidak baik. Dari itu, kita akan mensosialisasikan gerakan donor darah ini masyarakat. Artinya juga jangan takun donor darah, karena dengan itu tubuh akan lebih sehat," bener dr Mul. 

Ketua pengurus PMI Provinsi Kalimantan Tengah H Suhaemi, melakukan Pelantikan Pengurus PMI Kabupaten Pulang Pisau Masa Bakti 2022-2026, di Bertempat di Auditorium Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Pulang Pisau Selasa (1/11/2022)

Mengawali sambutannya, Ketua PMI Provinsi Kalimantan Tengah H Suhaemi, mengucapkan selamat kepada Pengurus PMI Kabupaten Pulang Pisau Masa Bakti 2022-2026 yang baru saja dilantik, dan meyakini PMI  dan meyakini PMI Pulang Pisau dapat terus berkiprah untuk misi kemanusiaan.

"Selamat melaksanakan tugas. Saya percaya dengan figur yang duduk dalam Kepengurusan PMI Kabupaten Pulang Pisau Masa Bakti 2022-2026 terlebih lagi dengan dukungan penuh dari Bupati Pulang Pisau selaku Pelindung, semoga kedepannya PMI Kabupaten Pulang Pisau dapat semakin berkembang dan terus berkiprah untuk misi kemanusiaan," jelasnya

Sementara disampaikan Ketua Pengurus PMI Provinsi Kalimantan Tengah H Suhaemi meminta beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh kepengurusan PMI Kabupaten Pulang Pisau yang baru dilantik, untuk terus melakukan konsolidasi organisasi secara internal dan menyampaikan program-program kerja agar segera di realisasikan. 

"Itu yang menjadi harapan kami kepada PMI Pulang Pisau supaya memiliki Bank Darah. Ini juga perlu dukungan dan kesadaran masyarakat untuk tidak takut mendonorkan darah, jadi sosialisasi perlu di tingkatkan," pintanya. 

Dia juga berharap, ke depannya semoga PMI Pulang Pisau bisa memiliki relawan donatur tetap dalam hal donor darah dan juga Bank Darah. 

"Kami pastikan dengan melakukan donor darah, maka tubuh kita lebih sehat karena adanya pergantian sirkulasi," tukasnya.[manan]


Lebih baru Lebih lama