Kenali Jejak Sejarah, Sekolah Alam Al Tamar Gelar Edutrip

Kenali Jejak Sejarah, Sekolah Alam Al Tamar Gelar Edutrip

SEKOLAH Alam Al Tamar melaksanakan  edutrip dengan mengajak siswa mengenali jejak sejarah.| foto : istimewa

PARINGIN - Memperingati Hari Pahlawan Nasional pada 10 November, Sekolah Alam Al Tamar laksanakan edutrip dengan mengajak siswa mengenali jejak sejarah di Kabupaten Balangan.

Kegiatan tersebut diikuti tiga sekolah Sekolah Alam Al Tamar, SDN 1 Teluk Bayur serta SMAN 1 Juai bertempat di Desa Teluk Bayur, Kecamatan Juai, Kamis (10/11/2022).

Dewan Pembina Sekolah Alam Al Tamar Balangan, Tamrin Tailah mengatakan, edutrip ini diikuti oleh seluruh anak-anak kelas 1 dan 2 SD Alam Al Tamar serta diikuti SDN 1 Teluk Bayur serta SMAN 1 Juai.

"Rangkaian kegiatan ini dimulai dengan mengikuti upacara peringatan hari pahlawan dan penaburan bunga bersama SMAN 1 Juai dan SDN 1 Teluk Bayur di taman makam pahlawan di Desa Teluk Bayur, Juai," ujarnya.

Kemudian tamabhnya, dilanjutkan dengan ziarah salah satu pahlawan dan tokoh penyebar agama islam, yakni Datu Kandang Haji. 

"Selain melakukan doa bersama, anak-anak juga di berikan penjelasan singkat mengenai perjalanan hidup Datu Kandangan Haji oleh salah satu tokoh Desa Teluk Bayur, Ustad Nasrullah," tuturnya.

Rangkaian edutrip di akhir dengan mengunjungi rumah batu. Yakin rumah peninggalan zaman penjajahan yang dibangun oleh orang Indonesia. 

"Oleh penghuni rumah, anak-anak diajak berkeliling rumah batu dan dijelaskan mengenai sejarah rumah batu yang pernah menjadi markas penjajah Belanda, Jepang hingga TNI di wilayah pahuluan kalimantan selatan," sebutnya.

Selain itu sebelum melakukan rangkaian edutrip, para siswa terlebih dahulu dikenalkan dengan perjuangan para pahlawan Indonesia melalui video edukasi perjuangan pahlawan.

"Kegiatan ini diharapkan dapat mengenalkan perjuangan para pahlawan bangsa kita kepada anak-anak sejak dini, mengenal tempat-tempat bersejarah di Balangan,"bharapnya.

Sehingga harapnya mampu menumbuhkan jiwa nasionalis dan siswa bisa menghargai serta mencintai bangsa dengan cara mereka masing-masing.[agus/adv]
Lebih baru Lebih lama