Bupati Sukamta: Program Kijang Mas Tala Bisa Disampaikan ke Gubernur Kalsel

Bupati Sukamta: Program Kijang Mas Tala Bisa Disampaikan ke Gubernur Kalsel

PELAIHARI - Pemerintah Kabupaten Tanah Laut menggagas program Kolaborasi Layanan Penunjang Penyelesaian Masalah Bidang Tanah Eks Transmigrasi (Kijang Mas Tala).

Dengan menggandeng Kantor Pertanahan (Kantah) Tala dan Pengadilan Negeri Pelaihari dapat menjadi inspirasi Pemerintah Pusat terhadap permasalahan tanah  di Tala.

Bupati Tala, HM Sukamta katakan pada Apel Kerja Gabungan ASN lingkup Pemkab Tala bersama BUMD di Halaman Kantor Bupati Tala, Senin (14/11/2022).

Di hadapan para ASN dan turut hadir Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kalimantan Selatan (Kalsel), Irfan Sayuti.

Menurut Sukamta, agar langkah Pemkab Tala melalui program ini bisa  sampai kepada Gubernur Kalsel.

"Beberapa hari lalu kita telah menyampaikan program ini langsung ke Menteri ATR/BPN RI. Presiden pun juga pernah meminta Pak Menteri agar dapat menyelesaikan persoalan tanah yang belum ketemu jalannya," kata Sukamta.

Ia berharap, program ini menjadi solusi Nasional di wilayah Kalsel sendiri bisa sampai ke pihak Gubernur, yakni Tala telah menemukan solusi atas persoalan tanah transmigrasi.

Sukamta menjelaskan, program Kijang Mas Tala  lahir berkaca dari persoalan di sektor transmigrasi terkait balik nama sertifikat tanah dari atas nama pemilik pertama yang tidak diketahui lagi keberadaannya.

Namun persoalan tersebut bila diurus secara perseorangan tentu akan memakan waktu yang mungkin satu tahun pun tidak cukup bisa selesai.

"Belum lagi biayanya yang bisa mencapai puluhan juta, tentu ini memberatkan masyarakat," ucapnya.

Orang nomor satu di Tala katakan,  adanya program tersebut masyarakat cukup bayar Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sekitar Rp6 juta.

"Tidak sampai di situ saja, Pemkab Tala telah menyiapkan solusi bila ada masyarakat yang merasa cukup berat dengan biaya yang harus disetor dalam menyelesaikan permasalahan ini," ujarnya.

Ia menyebutkan, solusinya yakni masyarakat bisa melalui Bank Perkreditan Rakyat (BPR) siap membantu memberikan pinjaman yang pelunasannya disesuaikan dengan kesanggupan masyarakat.

Diketahui kehadiran Kepala Disnakertrans Kalsel ini, dalam rangka penyerahan penghargaan dari Gubernur kalsel kepada Bupati Tala.

Telah mendukung dan berperan aktif dalam penyusunan Perencanaan Tenaga Kerja untuk mewujudkan kondisi ketenagakerjaan yang lebih baik di Kalsel sekaligus penyerahan Dokumen Rencana Tenaga Kerja Tala.[advertorial]

Lebih baru Lebih lama