Bazar UMKM Bank Kalsel, Bangkitkan UMKM Banua bersama Bank Kalsel

BANJARMASIN - Pandemi Global Covid-19 menuai dampak di berbagai sektor kehidupan, tak terkecuali sektor ekonomi. Salah satunya ditandai dengan adanya perlambatan dan penurunan kondisi ekonomi di kelompok usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) maupun skala besar. 

Hal ini tentunya menjadi perhatian serius, mengingat UMKM sendiri merupakan sendi utama perekonomian. 

Indonesia memiliki lebih dari 65 juta unit UMKM yang berkontribusi terhadap 61 persen perekonomian nasional. Atas itu, sebagaimana amanat Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), bahwa peran UMKM akan diperkuat dalam upayanya menjaga stabilitas ekonomi nasional. 

Salah satu fokus utama penguatan UMKM tersebut adalah dengan tranformasi digital UMKM.

Presiden Jokowi menargetkan sebanyak 20 juta pelaku UMKM dapat onboarding atau masuk ke toko daring pada 2022 sejalan dengan meningkat pesatnya pasar ekonomi digital. 

Menurut Presiden, upaya agar lebih banyak UMKM domestik masuk pasar digital, yakni untuk mendorong percepatan transformasi ekonomi digital. 

Ia menginginkan agar Indonesia tidak hanya menjadi penonton di tengah masifnya aktivitas perdagangan digital.

"Saya telah menandatangani Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional 2021-2024. Saya ingin ekosistem kewirausahaan kita semakin baik dan akan lahir lebih banyak wirausaha-wirausaha muda yang baru, wirausaha-wirausaha muda yang produktif, kreatif dan yang siap memajukan UMKM Indonesia dan siap bersaing di pasar global," ujarnya.

Menyikapi hal tersebut, Bank Kalsel selaku entitas bisnis daerah, mengajak para pelaku UMKM untuk kembali menggeliatkan perekonomian daerah melalui suatu program yang tidak hanya sekedar menunjukkan eksistensi UMKM daerah, namun juga beriringan dengan legitimasi Bank Kalsel sebagai bank digital. 

Program yang diusung adalah BAZAR UMKM Bank Kalsel dengan tema “Bangkitkan UMKM Banua Bersama Bank Kalsel”, bentuk komitmen untuk berperan aktif dalam mendukung upaya pemulihan ekonomi secara lebih efektif dan diakselerasi dengan cepat, khususnya dalam mengoptimalkan sektor UMKM melalui transformasi digital.

Bazar UMKM Bank Kalsel dilaksanakan pada tanggal 9 hingga 13 November 2022 dengan mengambil venue halaman eks Kantor Gubernur Kalsel dan Siring Nol Kilometer, Banjarmasin. 

Secara umum, Bazar berisikan stand pelaku UMKM binaan Bank Kalsel, stand kuliner, stand komunitas, pojok kopi, dan 
stand Bank Kalsel Information Centre. 

Selain itu juga, para pengunjung akan disajikan suguhan entertainment, dalam bentuk Band Performance, Stand Up Comedy, Panting Show, Opera Komedi 
Banjar, hingga penampilan Artis Nasional yang tentunya menarik untuk disaksikan. 

Pada momen ini juga akan dilakukan kegiatan Literasi Keuangan dan Kuis Ranking 1 untuk Pelajar SD, Sosialisasi Pengelolaan Keuangan kepada Pelaku UMKM, Sosialisasi Produk dan Layanan Syariah, Lomba Mewarnai untuk Tingkat Pelajar TK dan SD, dan tentunya sayang untuk dilewatkan adalah kegiatan jalan sehat yang menyajikan total hadiah puluhan juta rupiah.

Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya menyampaikan bahwa Bazar UMKM Bank Kalsel digelar sebagai bentuk komitmen untuk menggeliatkan kembali UMKM Banua seiring dengan optimalisasi Transformasi Digital Bank Kalsel.

"Pada gelaran Bazar UMKM Bank Kalsel, kami menerapkan sistem transaksi non tunai/cashless yang artinya seluruh transaksi yang dilakukan dalam Bazar dengan melakukan mobile banking
AKSEL by Bank Kalsel. Hal ini dilakukan agar UMKM Banua semakin melek digitalisasi, sehingga ke depannya mampu mendukung optimalisasi usahanya menjadi lebih berkembang,” terangnya.

Sebagai informasi, bagi para pengunjung yang nantinya bertransaksi menggunakan mobile banking AKSEL by Bank Kalsel, akan memperoleh kesempatan meraih hadiah Doorprize yang diundi dalam dua periode. 

Khusus untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pada gelaran Bazar UMKM Bank Kalsel nantinya melakukan pinjaman melalui aplikasi ReadyCash, akan memperoleh kesempatan hadiah Grand Prize berupa satu unit sepeda motor ataupun hadiah elektronik lainnya.

“Kepada seluruh nasabah setia Bank Kalsel dan juga masyarakat Kalimantan Selatan, ayo berhadir ke acara Bazar UMKM Bank Kalsel, yang insya Allah pada tanggal 9 - 13 November 2022, di Siring Nol Kilometer Banjarmasin. Akan banyak suguhan hiburan dan hadiah yang tentunya sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa aktivasi mobile banking AKSEL by Bank Kalsel dan penggunaan layanan ReadyCash serta raih hadiahnya. Mari kita hadiri beramai-ramai menuju Siring Nol Kilometer untuk menyaksikan Bazar UMKM Bank Kalsel,” pungkas Hanawijaya.

Mari meriahkan Bazar UMKM Bank Kalsel sebagai wujud dukungan untuk menggeliatkan UMKM Banua. Nantikan informasi terkini terkait rangkaian BAZAR UMKM Bank Kalsel melalui media sosial 
Instagram @bankkalsel.[adv]

loading...