Tangani Inflasi di Kalteng, Gubernur Tinjau Pasar Penyeimbang di Jabiren Raya

Tangani Inflasi di Kalteng, Gubernur Tinjau Pasar Penyeimbang di Jabiren Raya

ANTUSIAS warga Pulang Pisau menyambut Pasar Penyeimbang.| foto : istimewa 

PULANG PISAU - Upaya menangani inflasi Kalimantan Tengah (Kalteng). Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran meninjau dan sekaligus membuka Pasar Penyeimbang di Halaman Masjid Al-Jabir Desa Jabiren, Kabupaten Pulang Pisau, Kamis (13/10/2022).

"Pasar Penyeimbang ini dilaksanakan dalam rangka penanganan inflasi di Kalteng. Kegiatan ini juga dilaksanakan  setiap kabupaten di Kalteng dan daerah lainnya se-Indonesia," katanya. 

Sebelum kegiatan Pasar Penyeimbang dibuka, masyarakat kecamatan setempat sangat antusias datang ke lokasi pasar tersebut. 

"Alhamdulillah masyarakat membludak mendatangi pasar murah yang secara umum digratiskan pemerintah," ucap H Sugianto Sabran. 

Usai membuka Pasar Penyeimbang, Gubernur Kalteng mengingatkan agar masyarakat Kalteng tidak lengah di situasi inflasi seperti ini, sebab kita tengah bersaing membangun daerah dengan provinsi lainnya.

"Disini peran pemerintah untuk bersaing dengan daerah lain. Sebab hal ini juga merupakan instruksi dari Bapak Presiden, makanya kita langsung turun tangan supaya Kalteng punya ketahanan pangan sendiri ke depannya setelah dilanda Pandemi Covid-19 cukup lama," tuturnya. 

Sebagai informasi, Pasar Penyeimbang di Kabupaten Pulang Pisau sendiri telah disediakan 3000 paket bahan pokok. 

Untuk di Stadion HM Sanusi (Kecamatan Kahayan Hilir) disediakan 2000 paket dan di Masjid Al Jabir Desa Jabiren (Kecamatan Jabiren Raya) sebanyak 1000 paket. 

Dimana, harga per paket sembako yang dijual seharga Rp 150. Namun Pemerintah Kalteng mensubsidi sebesar Rp 100 per paketnya, dan anggota DPR RI Dapil Kalteng H Agustiar Sabran selanjutnya memberikan subsidi Rp 50, sehingga warga setempat memperoleh paket sembako secara gratis.

"Paket sembako berisikan beras 5 kilogram, gula 2 kilogram, dan minyak 2 liter," kata Gubernur Kalteng. 

Sementara perlu diketahui pula, Pasar Penyeimbang selain bagian dari pengendalian inflasi juga manjaga daya beli masyarakat di kenaikan BBM. 

Pada kesempatan itu pula, dilakukan penyerahan BLT Bahan Bakar Minyak (BBM) senilai Rp1.200.000.000 kepada nelayan pembudidaya ikan dan pengolah ikan Kabupaten Pulang Pisau.

Gubernur H Sugianto Sabran mengajak masyarakat untuk bertani agar inflasi bisa segera ditekan. "Saya juga meminta kepada Bupati Pulang Pisau untuk diperkuat lagi di ketahanan pangannya," imbuhnya.

"Tahun 2023 nanti kita akan membuat pabrik beras di Pulang Pisau untuk menjadi daerah penyangga pangan Kalimantan Tengah," tukasnya.

"Lokasi Pasar Penyeimbang di Pulang Pisau ada di Kecamatan Jabiren Raya, dan Kahayan Hilir (Halaman Stadion HM Sanusi, Kota Pulang Pisau), "tutupnya.[kenedy/manan]


Lebih baru Lebih lama