Rakor Pendataan Awal Regsosek, Ini Harapan Wabup Bartim

Rakor Pendataan Awal Regsosek, Ini Harapan Wabup Bartim

WABUP Bartim, Habib Said Abdul Saleh menerima cinderamata dari BPS.| foto : istimewa

TAMIANG LAYANG - Registrasi Sosial Ekonomi atau Regsosek adalah pendataan seluruh penduduk yang mencakup profil dan kondisi sosial ekonomi yang sangat beragam mulai dari kondisi demografi, perumahan, keadaan disabilitas, kepemilikan aset hingga informasi geospasial.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Barito Timur (Wabup Bartim) Habib Said Abdul Saleh pada  Rapat Koordinasi Pendataan Awal Regsosek Tahun 2022, Kamis (13/10/2022).

"Regsosek nanti akan menghasilkan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat Desa/Kelurahan," ucapnya.

Diuraikannya, kelengkapan regsosek membuka peluang pemanfaatan yang luas, tidak hanya program perlindungan sosial saja, tetapi juga untuk mendukung program pemberdayaan ekonomi dan program lain untuk mendorong potensi pembangunan di pusat dan daerah.

"Dengan potensi pemanfaatan yang luar biasa besar, pengembangan Regsosek harus komprehensif dan tidak berhenti pada pendataan awal saja. Regsosek adalah basis data yang harus kita mutakhirkan secara berkala," ungkapnya.

Dirinya mengharapkan partisipasi aktif masyarakat dan pihak yang berkepentingan sangat diperlukan dalam pembaruan data secara berkesinambungan.

"Pelaksanaan kegiatan Regsosek harus terkoordinasi dan tersinergi dengan baik. Saya berharap rapat koordinasi ini bukan hanya pertemuan seremonial saja, akan tetapi mampu menumbuhkan komitmen kita bersama untuk berkolaborasi mensukseskan Regsosek sebagai bagian dari tugas dan tanggung jawab kita dalam membangun negeri," imbuhnya.

Selain itu, Wabup mengimbau kepada seluruh aparat baik tingkat Kecamatan maupun Desa/Kelurahan untuk ikut mendukung dan berperan aktif pada pendataan awal Regsosek itu.

"Saya mengimbau seluruh masyarakat untuk ikut berpartisipasi dengan cara menerima kedatangan petugas dan memberikan jawaban yang benar dan jujur pada pelaksanaan pendataan awal Regsosek," pintanya.

Rakor tersebut dihadiri oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Bartim, perwakilan instansi vertikal, organisasi perangkat daerah, perwakilan perusahaan dan lainnya.[siti/adv]


Lebih baru Lebih lama