Lantik JMSI Kalsel, Sekjen Eko Pamuji: JMSI Resmi Diakui Negara dan Dewan Pers

BANJARBARU - Pengurus Daerah Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kalimantan Selatan untuk periode 2020-2025 resmi dilantik Sekretaris Jenderal JMSI Pusat, Eko Pamuji di Aula Gawi Sabarataan Banjarbaru, Selasa (25/10/2022).

Sejatinya pelantikan JMSI Kalsel yang diketuai Milhan Rusli ini digelar dua tahun sebelumnya. Namun lantaran pandemi Covid-19 menghantam Indonesia, pelantikan pun baru dilangsungkan di 2022 ini.

Kendati demikian, roda organisasi perusahaan media siber di Banua ini tetap berjalan di tengah gelombang pandemi tersebut.

Satu di antara sejumlah program organisasi, JMSI Kalsel setidaknya telah mampu mengawal lebih dari sepuluh perusahaan media siber di Kalsel lolos verifikasi faktual hingga mendapatkan sertifikat resmi dari Dewan Pers.

Media siber yang telah diantarkan JMSI Kalsel hingga lolos verifikasi faktual plus mendapatkan sertifikat dari Dewan Pers itu, sebut saja teras7.com, kanalkalimantan.com, jejakrekam.com, mediaprospek.com, riliskalimantan.com, grapena.com
kalselpos.com, metro7.co.id, serta borneotrend.com.

Sementara empat media siber di Kalsel yang kini dalam proses sertifikasi pasca diverifikasi faktual beberapa waktu lalu, yakni kalimantanlive.com, koranbanjar.net, seputarkota.com dan banuatoday.com.

Sebelumnya empat anggota yang telah lebih dulu mendapatkan sertifikat verifikasi faktual dari Dewan Pers dan bergabung di bawah bendera JMSI Kalsel, ada apahabar.com, klikkalsel.com, metrokalimantan.com, wartaniaga.com.

Usai melantik sekaligus mengukuhkan Pengda JMSI Kalsel, Eko Pamuji mengatakan, perkembangan teknologi digital sekarang semakin berkembang pesat. Tercatat sudah lebih dari 50 ribu perusahan media siber yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Adapun JMSI merupakan salah satu dari organisasi perusahaan siber yang resmi diakui negara maupun Dewan Pers," jelasnya.

Sementara, Milhan Rusli menyebut banyak pekerjaan rumah JMSI. Salah satunya membangun kesejahteraan perusahaan media siber di Kalsel, terutama wartawan dan pekerja lain yang terlibat.

"Wartawan merupakan ujung tombak perusahaan media apapun, termasuk media siber. Makanya agar perusahaan media siber lolos verifikasi faktual, mereka harus  menyediakan jaminan sosial, wartawan dan kantor," terangnya.

Hingga kini, lanjutnya, dari 33 perusahan media siber yang tergabung di JMSI Kalsel, baru 13 perusahaan yang terverifikasi faktual. 

"Ke depan kami terus membimbing mereka untuk melengkapi persyaratan verifikasi," pungkasnya.[aan]

Pengurus JMSI Kalsel periode 2020-2025
Ketua : Milhan Rusli (apahabar.com)
Wakil Ketua : Sabirin HA Syukran Nafis (metro7.co.id)
Wakil Ketua : Denny Setiawan (koranbanjar.net)
Sekretaris : S.A. Lingga (kalselpos.com)
Bendahara : Hj Sunarti (kalimantanpost.com)
Wakil Bendahara : Maya Andriani (beritabanjarmasin.com)

Bidang Hubungan Antar Lembaga
Ketua : Rudy Setiawan (matabanua.co.id)
Sekretaris : Muhammad Zakir (mediaprospek.com)

Bidang Pendataan & Verifikasi Media Siber
Ketua : Anshari Yannoor (metrokalimantan.com)
Sekretaris : Arif Rahman (borneotrend.com)

Bidang Pengembangan & Potensi
Ketua : Elfianor Ahmad (kalimantanlive.com)
Sekretaris : Elsa Pratiwi (langkar.id)

Bidang Pendidikan & Pelatihan
Ketua : Muhammad Hasby Suhaily (wartabanjar.com)
Sekretaris : Sayyid Maulana Ahmad (teras7.com)

Bidang Pengembangan Teknologi, Informasi & Komunikasi
Ketua : Ady Wiryawan (suaraborneo.com)
Sekretaris : Rizky Yosfia Ruswita (tempirai.com)

Bidang Pengembangan Organisasi
Ketua : Agus Salim (riliskalimantan.com)
Sekretaris : Nurul Hidayati (metro7.co.id)

loading...