Bupati Tala Serahkan 419 Sertifikat PTSL kepada Masyarakat Bumi Makmur

Bupati Tala Serahkan 419 Sertifikat PTSL kepada Masyarakat Bumi Makmur


PELAIHARI - Pemkab Tala bersama Badan Pertanahan Nasional Tala , kembali menyerahkan Sertifikat hak atas tanah atas program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Penyerahan ini secara simbolis oleh Bupati Tanah Laut HM Sukamta didampingi Kepala Kantor Pertanahan Tala Akhmad Suhaimi kepada masyarakat Desa di Kecamatan Bumi Makmur sebanyak 419 sertifikat.

 Bertempat di Halaman Kantor Kecamatan Bumi Makmur, Rabu lalu ( 19/10).

Bupati Tala HM Sukamta katakan,  sertifikat PTSL yang diserahkan  kepada masyarakat di dua Desa, yakni  Desa Handil Babirik sebanyak 326 sertifikat dan Desa Bumi Harapan 93 sertifikat.

Ia sebutkan,  sertifikat tersebut  bernilai guna sebagai modal bagi Masyarakat dipergunakan untuk membuka usaha agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Gunakan sertifikat dengan sebijak mungkin agar bernilai ekonomis dan menambah pemasukan untuk keluarga,"katanya.

Menurutnya,  sertifikat tanah milik warga melalui program PTSL tersebut,  merupakan salah satu program unggulan Presiden. Dimana Pemerintah Kabupaten wajib untuk mendukung dan mensukseskan program tersebut.

Ia bilang,  untuk tahun ini 2022  Pemkab Tala menganggarkan 10 ribu sertifikat. Nantinya  pada tahun 2023 dianggarkan sebanyak  15 ribu sertipikat melalui dana APBD. 

Sukamta jelaskan, sertifikat PTSL  salah satu bentuk komitmen dalam perwujudan pelaksanaan kewajiban Pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas hak kepemilikan tanah Masyarakat. Lantaran selama ini  masyarakat masih menggunakan sporadik, kemungkinan yang akan terjadi  permasalahan sengketa tanah.

“Dengan sudah adanya sertifikat menjadi perlindungan hukum bagi masyarakat jika dikemudian hari adanya permasalahan atas tanah tersebut,”tandasnya.

Kepala Kantor Pertanahan Tala Akhmad Suhaimi menjelaskan, melalui program PTSL Kalimantan Selatan baru ada di  Pemkab Tala yang mampu membantu BPN untuk pembuatan program PTSL.

Ia  berharap, program PTSL dapat terus berlanjut  kerjasama yang baik dengan Pemkab Tala untuk kesejahteraan Masyarakat di Bumi Tuntung Pandang.[adv]

Lebih baru Lebih lama