Maksimalkan Pengelolaan Sampah di TPA, Ini Harapan DLH Pulang Pisau

Maksimalkan Pengelolaan Sampah di TPA, Ini Harapan DLH Pulang Pisau

PLT Kepala DLH Pulang Pisau, Juman.| foto : istimewa

PULANG PISAU - Untuk memaksimalkan pengelolaan sampah di tempat pembuangan akhir atau TPA di wilayah Desa Gohong, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng). Dinas Lingkungan Hidup (DLH) daerah setempat mengharapkan, agar dilakukan pembenahan atau perbaikan terhadap infrastruktur di TPA tersebut. 

Upaya itu dilakukan tidak lain dalam rangka meningkatkan pelayanan pengelolaan sampah di kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat ini. 

"Kalau untuk perbaikan infrastruktur memang wewenang Dinas terkait yang dalam ini melekat di Dinas PUPR Pulang Pisau. Kalau kita (DLH) hanya bertanggungjawab dalam pengelolaan sampahnya saja," ucap Plt Kepala DLH Pulang Pisau, Juman (19/10/2022) kepada awak media. 

Dikatakannya, saat ini di anggap prioritas atau urgent dalam penanganan sampah di Pulang Pisau, salah satunya adalah pembangunan infrastruktur jalan menuju TPA yang dianggap pihaknya perlu ditingkatkan demi memaksimalkan pengelolaan sampah di daerah kita. 

"Iya tadi jalan ke TPA sangat perlu untuk ditingkatkan. Saat ini kita mengangkut sampah ke TPA tidak berani masuk terlalu pinggir, takutnya armada kita malahan tidak bisa keluar karena kondisi di TPA belum maksimal," beber Juman.

Selain peningkatan infrastruktur di TPA, tambah Juman, pihaknya juga mengharapkan sarana dan prasarana pendukung lainnya, seperti armada angkut dan alat berat dalam rangka mendukung pengelolaan sampah tadi. 

"Untuk di TPA juga perlu excavator, karena armada angkut dan alat penunjang lainnya saat ini masih minim alias kurang. Demi memaksimalkan pengelolaan sampah ini kami dari pihak DLH akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait, agar penangan sampah terus membaik," pungkasnya.[manan]


Lebih baru Lebih lama