Sambut Mahasiswa Baru, Pascasarjana IAIN Palangka Raya Gelar Studium Generale

PENYERAHAN cindera mata dan sertifikat kepada narasumber Prof Dr H Maskuri MSi.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Bertajuk 'Menumbuhkan Semangat Enterpreneurship Yang Andal Menghadapi Tantangan Dunia Global', Pascasarjana IAIN Palangka Raya menggelar Studium Generale atau Kuliah Umum sebagai bentuk penyambutan dan memberikan motivasi kepada mahasiswa baru.

"Kepada mahasiswa baru saya berpesan agar bersungguh-sungguh untuk menuntut ilmu di Pascasarjana ini sebagai investasi dalam menyongsong kehidupan masa depan," kata Direktur Pascasarjana IAIN Palangka Raya, Prof Dr H Abdul Qodir MPd saat membuka kegiatan tersebut,   Rabu (7/9/2022).

Ketua Prodi Magister Pendidikan Agama Islam, Dr Hj Zainap Hartati MAg selaku Ketua Panitia kegiatan menuturkan bahwa tajuk yang diangkat tersebut sangat relavan dengan masa sekarang ini.

"Mahasiswa wajib memiliki semangat enterpreneurship dalam menghadapi perkembangan dunia saat ini dimanapun dia bekerja, apakah itu di bidang pendidikan, hukum atau ekonomi," tuturnya.

Pada kuliah umum tersebut, Rektor Universitas Islam Malang, Prof Dr H Maskuri MSi dihadirkan sebagai narasumber.

Narasumber dalam paparannya memberikan motivasi kepada mahasiswa agar memiliki semangat dan karakter entrepreneur, yakni harus memiliki jiwa kepemimpinan, resiliensif, percaya diri, visioner dan insiatif.

Sekretaris Prodi Magister Manajemen Pendidikan Islam (MMPI), Dr Abdul Khair MH memberikan apresiasi terhadap materi yang disampaikan narasumber tersebut.

"Pada masa sekarang dalam menuntut ilmu tidak berharap semata-mata untuk menjadi PNS, namun harus punya semangat kewirausahaan," tandasnya.

Sementara itu, Marni salah satu mahasiswa baru Prodi MMPI mengaku senang bisa berhadir dalam kegiatan tersebut.

"Dengan menghadiri dan mengikuti Kuliah Umum ini saya mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan baru, sehingga termotivasi untuk bisa menyelesaikan pendidikan maksimal dua tahun dan memperoleh gelar Magister Pendidikan Islam atau MPdI," pungkasnya.

Informasi dihimpun, saat ini Pascasarjana IAIN Palangka Raya memiliki lima Prodi dengan  total mahasiswa baru 110 orang yang terdiri dari Prodi Magister Manajemen Pendidikan Islam (MMPI) 25 mahasiswa, Prodi Magister Hukum Keluarga (MHK) 20 mahasiswa, Prodi Magister Ekonomi Syari'ah (MES) 20 mahasiswa, Prodi Magister Pendidikan Agama Islam 33 mahasiswa, dan Prodi Magister Pendidikan Bahasa Arab (MPBA) berjumlah 12 mahasiswa.[kenedy]

loading...