DKPP Tala Beri Bantuan Alat Tangkap Ikan kepada Nelayan

DKPP Tala Beri Bantuan Alat Tangkap Ikan kepada Nelayan

PELAIHARI - Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Tanah Laut (Tala) memberikan alat tangkap ikan ramah lingkungan secara gratis bagi nelayan Tala, Senin (12/9/2022).

Pemberian tersebut diawali dengan pertemuan antara DKPP, penyedia dan perwakilan nelayan di kantor DKPP Tala guna melakukan verifikasi kesesuaian standar peralatan yang ada.

Sasaran penerima kali ini merupakan para nelayan kecil dengan ukuran kapal hingga lima Gross tonnage (GT) yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB).

Penerima alat tangkap ikan, yakni KUB Berkat Rakat dari Desa Tanjung Dewa Kecamatan Panyipatan, KUB Arus Samudra dari Desa Pagatan Besar Kecamatan Takisung, dan dua KUB dari Desa Sungai Rasau Kecamatan Bumi Makmur, serta KUB Sumber Mutiara dan KUB Lestari.

Kepala DKPP Tala, Rizayadi mengatakan, kegiatan yang terlaksana melalui sumber dana alokasi khusus (DAK) ini menjadi wujud penerapan aturan yang berlaku soal penangkapan ikan dengan menggunakan alat ramah lingkungan.

Menurutnya, DKPP Tala akan menerapkan secara bertahap dan mengganti penggunaan alat tangkap perikanan yang tidak ramah lingkungan yang digunakan nelayan selama ini. 

"Kami ingin nelayan menjadi lebih paham tentang pentingnya keberlangsungan ekosistem di lautan. Jadi, tolong pelihara dan menggunakan alat ini sebaik-baiknya sesuai aturan dan jalur penangkapan," pintanya.

Ia menambahkan, adanya alat ini diharapkan membuat nelayan dapat semakin mudah menjalankan keseharian mereka selama melaut.

"Mudah-mudahan mereka tambah semangat. Semoga juga jumlah produk hasil tangkapan serta perekonomian mereka dan keluarga dapat terus meningkat," harapnya.

Perwakilan nelayan dari KUB Berkat Rakat, Sunarno menilai, adanya bantuan peralatan ini pastinya akan menambah semangat  saat melaut nantinya.

"Kami ucapkan berterima kasih dan senang karena adanya bantuan dari pemerintah. Pastilah kami semangat. Semoga bantuan ini terus diberikan kepada para nelayan," tuturnya.

Diketahui, sebanyak 14 nelayan dari KUB Berkat Rakat dan 10 nelayan dari KUB Arus Samudra. Setiap orang mendapatkan masing-masing 10 unit alat berjenis Trammel Net.

Pada hari yang sama diserahkan oleh Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKPP Tala langsung ke lokasi masing-masing KUB tersebut.

Nantinya penyerahan serupa juga akan langsung menyasar dua KUB dari Desa Sungai Rasau pada Selasa (13/9/2022), di mana masing-masing KUB yang terdiri dari 10 nelayan tersebut akan mendapatkan 10 unit alat berjenis Gill Net.[adv]

Lebih baru Lebih lama