Pidato Kenegaraan Jelang HUT ke-77 RI, Ini Tanggapan Ketua DPRD Bartim

Pidato Kenegaraan Jelang HUT ke-77 RI, Ini Tanggapan Ketua DPRD Bartim

LEGISLATIF dan eksekutif Bartim mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia.| foto : siti

TAMIANG LAYANG - Kalangan legislatif dan eksekutif Kabupaten Barito Timur (Bartim) mendengarkan Pidato Kenegaraan oleh Ketua MPR RI, DPR RI dan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Selasa (16/8/2022).

Kegiatan yang dilangsungkan secara virtual tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Bartim  Ampera AY Mebas, Wakil Bupati Habib Said Abdul Saleh, Pimpinan DPRD, Forkompimda dan Kepala Organisasi Pemerintah Daerah setempat. 

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa saat ini semua negara di seluruh dunia sedang menghadapi ujian dengan krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya pulih serta perekonomian dunia belum sepenuhnya bangkit. 

"Ujian ini tidak mudah bagi dunia dan juga tidak mudah bagi Indonesia. Semua ini harus kita hadapi dengan kehati-hatian dan dengan kewaspadaan. Namun, ditengah tantangan yang berat ini kita patut bersyukur, Indonesia termsauk negara yang mampu menghadapi krisis global ini," ungkap Presiden.

Menurut Presiden, kekuatan kedua Indonesia adalah sumber daya alam yang melimpah, wilayah yang luas dengan keanekaragaman hayati terkaya di dunia.

Hal tersebut, lanjut Presiden, pasti menjadi kekuatan besar Indonesia jika dikelola secara bijak. 

"Saya tegaskan kembali, agenda besar bangsa tidak boleh berhenti. Saya juga mengharapkan dukungan dari semua lembaga negara untuk menjaga dan membangun demokrasi di negeri tercinta ini untuk memperkokoh ideologi bangsa," tandas Presiden.

Usai kegiatan tersebut, Ketua DPRD Bartim, Nursulistio mengatakan, apa yang disampaikan Presiden itu dapat menjandi panduan.

"Arahan dan sambutan yang disampaikan baik itu dari Ketua MPR RI, Ketua DPR RI dan Presiden tentunya akan menjadi catatan dan juga panduan bagi semua daerah dalam melaksanakan pembangunan di daerahnya masing-masing," katanya.

Diuraikannya, semua kegiatan dan program visi misi menjadi satu kesatuan dengan kesinambungan antara pemerintah pusat dan daerah.

Lanjutnya, ketika berganti masa jabatan maka akan berganti juga visi misi tersebut, namun tetap dengan memiliki target dan program.

"Demi kemajuan dan kesuksesan pembangunan di masyarakat, itu adalah kemajuan daerah kita dan bangsa Indonesia. Saya kira menjadi poin yang sangat penting pada sambutan hari ini," tuturnya.

Politisi dari Partai Golkar itu juga mengingatkan bahwa yang lebih penting selain menjaga keberagaman dan kebersamaan, nilai semangat tentunya harus harus dimiliki. 

"Pada kesempatan ini, saya dan atas nama DPRD menyampaikan Dirgahayu Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, dan selamat Hari Jadi Kabupaten Barito Timur yang ke-20. Mudah-mudahan dengan semangat gotong royong, semangat kebersamaan ini pemerintah solid, masyarakat bangkit, Barito Timur sejahtera," tandasnya.[siti]


Lebih baru Lebih lama