Pesona Tambun Bungai 2022 Bangkitkan UMKM dan Pariwisata di Kalteng

PEMUKULAN katambung tanda dibukanya Pesona Tambun Bungai 2022.|®foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran atas nama Pemerintah Provinsi setempat menyambut baik digelarnya Festival UMKM dan Pariwisata.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur 
dalam amanatnya yang disampaikan Wakil Gubernur Kalteng, H Edy Pratowo ketika membuka festival tersebut dengan tajuk Pesona Tambun Bungai 2020, Kamis (4/8/2022).

"Harapan kita semua, kegiatan strategis seperti festival ini akan semakin memperkuat sinergi dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan untuk memulihkan perekonomian di Kalimantan Tengah, khususnya industri kreatif pariwisata dan UMKM. Kita tidak bisa bekerja sendiri-sendiri, kita harus bekerja bersama-sama untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat," ucapnya.

Seiring dengan melandainya pandemi Covid-19 ini, lanjutnya, sektor pariwisata dan UMKM di Kalteng sudah mulai bangkit dan menunjukkan geliatnya, yakni dengan telah sukses terselenggaranya beberapa even besar seperti Kalteng Expo 2022 dan Festival Budaya Isen Mulang.

"Momentum kebangkitan ekonomi kreatif UMKM dan pariwisata harus terus kita dorong dan jaga bersama," tukasnya.

Pembukaan festival tersebut ditandai secara simbolis dengan pemukulan katambung oleh Wagub Kalteng, didampingi Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kalteng, Yura Djalins, Sekda Provinsi, Nuryakin, Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Ida Oetari Poernamasasi, dan Kasrem 102/PJG, Kolonel Inf Renal Aprindo Sinaga. 

Diketahui, festival yang dilangsungkan di halaman Gedung KONI Kalteng itu dimulai dari tanggal 4 hingga 7 Agustus 2022 yang diinisiasi oleh Bank Indonesia Perwakilan Kalteng, dengan rangkaian kegiatan dimulai dari pameran dan promosi digital, business matching, seminar dan talkshow, workshop, fashion show, hiburan dan kuliner lokal, hingga lomba-lomba seperti KTI, fotografi dan vlog, serta lari "Hadari Kahayan 5 K".[kenedy/adv]


loading...