Pertemuan Advokasi dan Koordinasi Lintas Sektor Program P2 TB HIV di Kapuas

Pertemuan Advokasi dan Koordinasi Lintas Sektor Program P2 TB HIV di Kapuas

KEGIATAN advokasi dan Koordinasi Lintas Sektor Program P2 TB HIV di Kapuas.| foto : zulkifli

KUALA KAPUAS - Pertemuan advokasi dan koordinasi lintas sektor program pencegahan dan pengendalian (P2) Tuberkulosis (TB) dan Human Immunodeficiency Virus (HIV) dilaksanakan selama dua hari, 9 hingga 10 Agustus 2022 di Aula Hotel Raudah Kuala Kapuas.

Advokasi dan koordinasi ini melibatkan Fasilitas Kesehatan, Dinas Tenaga Kerja dan BPJS Ketenagakerjaan.

Kegiatan dibuka oleh Plt.Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, dr. Tonun Irawaty Panjaitan MM dan dihadii oleh dokter pengelola Ppogram TB dan HIV dari 9 Puskesmas terpilih, Kepala BPJS Ketenagakerjaan dan Sub Koordinator pengupahan dan Jamsostek atau analis Kebijakan.

"Tujuan kegiatan ini agar dapat melakukan koordinasi dan advokasi dalam promosi, pendanaan,  pemberdayaan serta perlindungan sosial terhadap pasien TB dan HIV di Kabupaten Kapuas," kata Plt Kepala Dinkes Kapuas, dr Tonun Irawaty.

Dilanjutkannya, dengan harapan dapat memperkuat promosi dalam pencegahan dan Pengendalian TB dan HIV.

Kemudian, dapat menjalin koordinasi dalam hal pendanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan TB HIV.

"Diharapkan pula dapat mengakomodir kebijakan perlindungan sosial pasien TB HIV," ujarnya.

Selain itu mendorong guna meningkatkan penemuan dan pengobatan pasien TB HIV serta meningkatkan capaian pemberian obat terapi pencegahan Tuberkulosis terhadap kontak erat pasien TB.

Adapun narasumber dalam kegiataan tersebut yakni, Wasor Dinkes Provinsi Kalteng dr. Febianda Aris Nugraha, M.Kes, dokter spesialis penyakit dalam RSUD Kapuas dr.IDA Swasty Rahadiyani, Sp.PD, dan dari layanan VCT dr.Hj.Fitri Ningrum Intani.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama