Kader Keamanan Pangan di Kapuas Antusias Ikuti Bimbingan Teknis

Kader Keamanan Pangan di Kapuas Antusias Ikuti Bimbingan Teknis

KADER Keamanan pangan Dinkes Kapuas saat mengikuti Bimtek.| foto : zulkifli

KUALA KAPUAS - Puluhan kader keamanan pangan yang dipersiapkan sebagai motor dan ujung tombak mensosialisasikan pangan aman dan sehat untuk dikonsumsi  antusias mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) kader keamanan pangan yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas di Aula Hotel Al Madani, Jalan Patih Rumbih Kuala Kapuas.

Kegiatan inipun tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes) dilaksanakan 
8 sampai 11 Agustus 2022, diikuti puluhan kader keamanan pangan desa dan kelurahan lokasi khusus stunting dari sejumlah desa dan kelurahan dari 10 wilayah kecamatan.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Yeristiruyeti SKM MM menyampaikan, dalam Bimtek ini selain pemaparan materi dari nara sumber sejumlah penyuluh kesehatan, kegiatan juga diisi dengan tanya jawab antara nara sumber dan peserta serta diskusi.

"Pada hari kedua kegiatan Bimtek Kader Keamanan Pangan dilaksanakan pembagian kelompok. Masing-masing  kelompok memaparkan kembali materi yang telah disampaikan narasumber, peserta semua antusias dan bersemangat," kata Yeristiruyeti, Rabu (10/8/2022).

Dijelaskannya, materi pada Bimtek ini peserta dipersiapkan dengan bekal pengetahuan tentang keamanan pangan, yakni 5 kunci keamanan pangan untuk keluarga, 5 kunci keamanan pangan untuk sekolah. Pengetahuan tentang keracunan, intoleransi dan alergi pangan, stunting, serta keamanan pangan 2020.

Sebelummya, Plt Kepala Dinkes Kapuas, dr Tonun Irawaty Panjaitan menyampaikan, Bimtek digelar guna memaksimalkan peran masyarakat dalam keamanan pangan, dipandang perlu membentuk kader keamanan pangan, kemudian para kader ini terlebih dahulu dibekali pengetahuan dan wawasan terkait keamanan pangan.

"Bimtek ini untuk menyiapkan para kader dalam menjalankan tugas untuk meningkatkan keamanan pangan di Kabupaten Kapuas," kata dr Tonun.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama