Pemkab Bartim Siapkan Lahan untuk Pembangunan Universitas dan RS Pratama, Ini Lokasinya

AMPERA AY Mebas sebagai inspektur upacara peringatan hari jadi Kabupaten Bartim ke-20.| foto : istimewa

TAMIANG LAYANG - Bupati Barito Timur (Bartim) Ampera AY Mebas menyatakan dukungan atas rencana Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran untuk membangun Universitas Barito Raya dan Rumah Sakit Pratama di wilayah DAS Barito.

Bentuk dukungan tersebut dengan telah disiapkannya lahan seluas lima hektare di wilayah Kecamatan Dusun Tengah.

"Lahan yang kita siapkan ini sangat stategis, yakni di wilayah Kecamatan Dusun Tengah. Kita pilih Dusun Tengah ini untuk memudahkan masyarakat di wilayah DAS Barito, karena jarak tempuh yang dekat," ungkapnya, Rabu (3/8/2022).

Dibeberkannya, dari Buntok Kabupaten Barito Selatan ke lokasi tersebut bisa ditempuh melalui jalur darat sekitar 60 menit, dari Muara Teweh Kabupaten Barito Utara sekitar 2,5 jam, dan sekitar 4 hingga 5 jam dari Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya.

Kemudian, urainya, dari Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara, Tanjung Kabupaten Tabalong dan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalsel menuju ke lokasi tersebut memerlukan waktu 2 hingga 2,5 jam perjalanan darat.

"Upaya yang dilakukan Gubernur Kalimantan Tengah, bapak H Sugianto Sabran ini untuk meningkatkan SDM masyarakat, khususnya di wilayah DAS Barito. Kita berharap di bangun di wilayah Dusun Tengah," imbuhnya.

Dijelaskannya, upaya Gubernur tersebut merupakan salah satu bentuk percepatan pembangunan di Provinsi Kalteng, khususnya di wilayah DAS Barito untuk mendukung Ibukota Negara Baru (IKN) di Kaltim.

Dalam penguatan Kabupaten Bartim yang berbatasan langsung dengan Kalsel dan menjadi pintu gerbang IKN, maka menyiapkan pembangunan strategis seperti Universitas dan Rumah Sakit Pratama.

"Kalau tidak kendala, tahun depan mulai dibangun, dan sumber dananya dari APBN," pungkasnya.[siti/adv]


loading...