Gatriwara Balangan Gelar Seminar Etika dalam Bergaul, Berbusana dan Berhias

Gatriwara Balangan Gelar Seminar Etika dalam Bergaul, Berbusana dan Berhias

ORGANISASI Gatriwara Balangan  menerima paparan materi dari narasumber  di Seminar Etika dalam Bergaul, Berbusana dan Berhias.| foto : agus

PARINGIN - Gabungan Istri Anggota Wakil Rakyat (Gatriwara) Kabupaten Balangan menggelar seminar etika dalam pergaulan, berbusana dan berhias di Aula Ar Raudhah Waterpark Paringin Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan, Minggu (28/8/2022).

Sebagai pemateri, Tina Purnamawati menyampaikan, dalam beretika bergaul harus pahami dan menghormati budaya lingkungan.

"Hormati yang lebih tua dan hargai yang lebih muda, jangan terlalu ingin tahu urusan orang lain, buat batasan antara urusan pribadi dengan urusan organisasi," ujarnya.

Tina juga menambahkan, tetap menghargai pendapat orang lain walaupun tidak setuju, dan tetap jaga suasana, serta penuhi tugas dan tanggung jawab dan sopan dengan semua anggota.

Sementara dalam etika berbusana lanjutnya, merupakan suatu ilmu sikap dalam berbusana baik itu tentang warna, tempat, suasana dan nilai-nilai norma-norma di masyarakat.

"Menutup aurat, sesuai dengan tujuan,  tampak rapi, bersih,  sehat dan pas ukuran, serta tidak mengganggu orang lain, dan tidak melanggar hukum negara dan agama," kata Tina.

Kemudian lanjutnya, dalam beretika berhias juga penting memperhatikan, cara pemakaian tata rias yang sesuai, dan bersih.

"Rambut tertata rapi, potongan rambut sesuai dengan profesi, wajah terlihat bersih, serta tubuh bersih dan segar," tuturnya.

Dikesempatan berbeda Ketua Gatriwara Balangan, Hidayah Fauzan mengatakan, seminar tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para wanita, dalam keluarga karena menurutnya, peran wanita sangatlah penting.

"Seorang Ibu merupakan Sekolah pertama bagi anak-anak, sehingga tidak tepat jika seorang wanita tidak harus memiliki pendidikan serta pengetahuan, bahkan menjadi sangat penting karena apa yang menjadi sekolah pertama anak-anak kita adalah ibunya," ujarnya.

Ia berharap melalui kegiatan tersebut dapat saling berbagi, bersilaturrahmi serta menyerap ilmu dan informasi yang disampaikan narasumber dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.[agus/adv]


Lebih baru Lebih lama