Cintai Seni dan Budaya Daerah Sedari Usia Dini

Cintai Seni dan Budaya Daerah Sedari Usia Dini

WAKIL Bupati Bartim foto bersama peserta lomba bracelet fashion carnaval.| foto : istimewa

TAMIANG LAYANG - Seni dan budaya yang diwariskan oleh leluhur Bangsa diharapkan dicintai sedari usia dini selaku generasi penerus.

Karena, dengan mencintai warisan leluhur seperti permainan rakyat dipandang mampu membentengi generasi penerus bangsa dari berbagai pengaruh budaya yang negatif.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Barito Timur (Bartim) melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga setempat menggelar Festival Budaya Nansarunai Jari Janang Kalalawah (Jajaka) tahun 2022.

Selain memperkenalkan warisan budaya bangsa, gelaran tersebut juga menjadi ajang promosi pariwisata di daerah Bartim sebagai bentuk memperkaya potensi pariwisata nasional.

"Pemerintah Kabupaten Barito Timur menginginkan kesenian dan permainan rakyat dapat menjadi salah satu atraksi dan daya tarik wisata yang pada saatnya nanti tidak saja disenangai wisatawan nusantara tetapi juga disenangi wisatawan mancanegara," ucap Wakil Bupati Bartim Habib Said Abdul Saleh menyampaikan amanat tertulis Bupati Ampera AY Mebas saat membuka festival tersebut di komplek GPU Mantawara, Tamiang Layang, Sabtu (20/8/2022) sore.

Pada kesempatan itu, dirinya mengimbau dan mengajak semua pihak yang memiliki rasa kepedulian terhadap pengembangan seni budaya lokal untuk bersama-sama menyatukan langkah dalam memajukan seni budaya daerah sebagai bagian integral dari pembangunan nasional.

"Keberhasilan kita dalam mengembangkan seni budaya daerah akan sangat ditentukan oleh kepedulian dan kebersamaan, baik dari unsur pemerintah, swasta, dunia usaha, dan masyarakat secara keseluruhan," tuturnya.

Kemudian, dirinya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus terutama kepada peserta dari Kecamatan se Kabupaten Bartim serta semua pihak yang telah membantu sehingga pembukaan kegiatan tersebut dapat terlaksana sesuai dengan rencana dan waktu yang telah ditetapkan.

"Khusus kepada para peserta dari luar Kota Tamiang Layang, saya ucapkan selamat datang dan selamat bertanding. Semoga saudara-saudari mendapat hasil yang maksimal dalam berbagai lomba yang diikuti," tukasnya.[siti/adv]


Lebih baru Lebih lama