Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang Kedatangan Puluhan Mahasiswa dari Australia

BERSAMA Unlam Banjarmasin sebanyak 20 mahasiswa dan dua profesor dari Australia, datangi wisata Racah Mampulang di Balida.| foto : agus

PARINGIN - Dalam acara pentas seni tradisi di wisata pasar Budaya Racah Mampulang Desa Balida Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan kedatangan mahasiswa dari Australia, Kamis (14/7/2022).

Kedatangan sebanyak 20 mahasiswa dan dua profesor dari Australia, serta puluhan dari Unlam Banjarmasin di sambutan antusias warga Balangan, yang ingin melihat dan ingin berswafoto bersama.

Mahasiswa asal Australia dan pengunjung  yang hadir juga di suguhkan berbagai pertunjukan dari tarian, madihin, kuntau serta kuda gepang.

Kegiatan tersebut juga menjual berbagai kerajinan, serta makanan dan minuman tradisional yang dijual, kepada turis dan pengunjung dengan menggunakan racah yang terbuat dari bambu untuk transaksi jual belinya.

Saat ditemui awak media, penjual kue tradisional, Halimah mengatakan, antusias pengunjung kali ini membeludak yang ingin membeli dagangannya.

"Sangat ramai pembelinya, walaupun bayarnya menggunakan racah yang terbuat dari bambu," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya kedatangan mahasiswa asal Australia tersebut, wisata Racah Mampulang bisa lebih rami dikunjungi pengunjung.

Kesempatan berbeda Kepala Desa Balida Saridin menyebut, Ia kedatangan tamu Unlam Banjarmasin,  dan jua membawa mahasiswa dari Australia.

"Dengan adanya kunjungan seperti ini kita harapkan bisa mempromosikan wisata kami, keranah  lebih luas  baik itu di Provinsi, maupun mancanegara," sebutnya.

Ia juga meminta masukan agar bisa mengembangkan wisata pasar budaya Racah Mampulang  agar lebih dinikmati oleh wisatawan asing.[agus/adv]


loading...