Komitmen, Pemkot Palangka Raya Tata Kawasan Pasar Besar

Komitmen, Pemkot Palangka Raya Tata Kawasan Pasar Besar

 


PALANGKA RAYA - Pasca Tim dari Kecamatan Pahandut dan Instansi terkait lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melakukan penataan di sejumlah area pusat perbelanjaan masyarakat di Kota Cantik itu.

Perwajahan Kawasan Pasar Besar Kota Palangka Raya itupun terlihat mulai rapi.

“Dua pekan terakhir ini Tim Kecamatan Pahandut bersama lintas sektoral telah melakukan penataan, terutama merelokasi pedagang kreatif lapangan atau PKL di kawasan Pasar Besar,” kata Camat Pahandut, Berlianto, Jumat (8/7/2022).

Dalam penataan itu sendiri terkonsentrasi di sekitaran Jalan Jawa, Jalan Sumatera dan Jalan Bangka.

“Selama proses penataan maupun relokasi ini disambut baik oleh banyak pihak,” ungkap Berlianto.

Bahkan, Berlianto melanjutkan, para pedagang merasa terbantu dengan disediakannya lapak atau blok khusus untuk berjualan.

“Kita mengucapkan terimaksih kepada para pedagang yang berinisiatif sendiri membongkar lapak-lapak yang menutupi badan jalan dan drainase,” imbuh Berlianto.

Pasar Besar itu sendiri, masih memiliki banyak blok untuk menampung para pedagang. Seperti di blok Pahandut Indah pada pasar besar itu, memiliki 171 lapak kosong, blok Martapura ada 120 lapak, blok Itah dan blok Tampung Utuh, masing-masing tersedia 20 lapak.

“Bisa kita lihat, Jalan Sumatera yang selama ini sulit dilewati pengguna jalan akibat banyaknya PKL, sekarang sudah lancar,” beber Berlianto.

Dalam penataan tersebut, Berlianto menjelaskan, Pemko melalui pihak Kecamatan selalu mengedepankan komunikasi, sosialisasi serta edukasi kepada para pedagang, pengelola pasar, hingga pengelola parkir.

“Bapak Walikota memang menugaskan kami membantu menata lingkungan Pasar Besar ini. Ini semua sebagai salah satu upaya meraih kembali predikat Adipura. Apalagi Palangka Raya bulan depan akan menjadi tuan rumah gelaran balap sepeda internasional, maka kita harus berbenah,” kata Berlianto.

Terlepas itu, Berlianto menambahkan bahwa pihaknya akan terus berkomunikasi dengan para pedagang lainnya, agar bisa masuk ke area pasar besar.

“Fokusnya agar Pasar Besar bisa terlihat rapi, sehingga mampu meningkatkan roda perekonomian masyarakat,” tutup
Berlianto.[adv]

Lebih baru Lebih lama