Ini Tujuan Digelarnya Expo Bartim 2022

Ini Tujuan Digelarnya Expo Bartim 2022

CEK kesiapan, Panahan Moetar meninjau lokasi Expo Bartim 2022.| foto : istimewa

TAMIANG LAYANG - Pemerintah Kabupaten Barito Timur (Pemkab Bartim) menggelar Expo Bartim 2022 dalam rangkaian memperingati Hari Ulang TahunbRepublik Indonesia (HUT RI) ke-77 dan Hari Jadi Kabupaten Bartim ke-20.

Expo Bartim digelar sejak tanggal 20 Juli hingga 9 Agustus tersebut berlokasi di Jalan Patianom, Tamiang Layang tersebut akan dibuka secara resmi oleh Bupati Bartim Ampera AY Mebas, Rabu (20/7/2022) pada pukul 16.00 WIB.

Ketua Panitia Penyelenggara,  Panahan Moetar menjelaskan bahwa kegiatan Expo Bartim itu, Pemkab Bartim lebih menonjolkan pelaku UMKM dan pedagang kaki lima. 

Pasalnya, lanjut Sekda Bartim tersebut, selama kurang lebih 2 tahun UMKM dan pedagang kaki lima di wilayah setempat mengalami kesulitan karena Pendemi Covid-19. 

"Expo Bartim 2022 ini juga dimerihakan bazar dan pameran ekonomi kerakyatan. Melalui kegiatan ini diharapkan ada geliat dan ada semangat pelaku UMKM serta pedagang kaki lima di Barito Timur untuk bangkit kembali dari keterpurukan," jelasnya disela meninjau persiapan di lokasi Expo Bartim, Selasa (19/7/2022), sore.

Selain Expo Bartim, ungkapnya, masih dalam rangkaian Hari Jadi Bartim ke-20, Pemkab melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olahraga akan menggelar acara Nansarunai Jajaka dan hajatan Bontang di Bartim.

"Semua rangkaian kegiatan ini kami tujukan untuk membangkitkan kembali ekonomi kerakyatan melalui UMKM dan pedagang kaki lima di Barito Timur yang kita cintai ini," tegasnya.

Sementara itu, informasi dihimpun dari Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Bartim mengungkapkan sudah ada 30 UMKM dan pedagang kaki lima yang andil dalam kegiatan bazar. Jumlah tersebut bisa bertambah lantaran masih ada pelaku UMKM dan pedagang kaki lima yang mau ikut mengisi kegiatan tersebut.

Selain menghadirkan produk-produk UMKM dan pedangan kaki lima, Expo Bartim 2022 ini juga menampilkan stan-stan yang diisi oleh SKPD dan Kecamatan se Bartim.

Dalam stan itu, SKPD dan Kecamatan akan menampilkan hasil kegiatan serta pembangunan di Kabupaten Barito Timur. Kemudian beberapa OPD yang bersentuhan langsung dengan masyarakat akan memberikan pelayanan di lokasi Expo Bartim 2022.[siti]


Lebih baru Lebih lama