Dewan Minta Edukasi Dulu, Beli Elpiji 3 Kg Lewat Aplikasi

WAKIL Ketua DPRD Kota Banjarmasin, HM Yamin HR.| foto : santoso

BANJARMASIN - DPRD Kota Banjarmasin meminta pihak PT Pertamina mengadakan edukasi dulu, sebelum kebijakan baru diterapkan untuk masyarakat kecil atau warga miskin, di mana bertransaksi gas elpiji ukuran 3 kilogram harus melalui aplikasi MyPertamina.

Menurut Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin, HM Yamin HR, pihaknya memahami maksud dan tujuan pemerintah, akan diterapkannya kebijakan tersebut, dalam rangka untuk menekan beban subsidi yang semakin melebar.

Dengan melalui MyPertamina ini, akan lebih mudah dikawal penyaluran gas LPG subsidi tepat sasaran, yakni peruntukannya masyarakat menengah ke bawah, tetapi apakah masyarakat sudah mengetahui cara penggunaan nantinya. 

"Kalau di Kalsel terutama kota Banjarmasin, menjadi pilot project penerapan transaksi MyPertamina, itu, hendaknya ada edukasi dulu dan sosialisasi kepada masyarakat," ujar Yamin, Jumat (1/7/2022).

Politisi Partai Gerindra ini mengungkapkan, dengan edukasi tentunya masyarakat tidak khawatir dan tidak kaget, selanjutnya mungkin masih ada masyarakat yang tak miliki handphone (HP) android, bahkan tak paham cara penggunaannya. 

"Biasanya cari gas elpiji 3 kilogram itu, di antaranya ada yang tak paham bagaimana menggunakannya aplikasi tersebut," ungkapnya. 

Dikatakan Yamin, dirinya berharap ada toleransi waktu, dalam transisi yang tadinya secara cash, ke transaksi secara aplikasi dan harus benar-benar paham untuk menggunaan aplikasi itu. 

"Saya berharap jangan sampai menambah beban masyarakat, bahkan malah lebih sulit mendapatkan LPG 3 kilogram yang merupakan kebutuhan pokok dapur tersebut," katanya.[santoso]


loading...