Wabup Lepas Keberangkatan 26 Calhaj asal Bartim

Wabup Lepas Keberangkatan 26 Calhaj asal Bartim

WAKIL Bupati Bartim saat melepas keberangkatan calhaj.| foto: istimewa
 
TAMIANG LAYANG - Wakil Bupati Barito Timur (Bartim) Habib Said Abdul Saleh secara resmi melepas keberangkatan 26 Jamaah Calon Haji (Calhaj) yang dilangsungkan di halaman Kantor Bupati setempat, Sabtu (18/6/2022).

Rombongan calhaj tersebut diberangkatkan menuju Asrama Haji Syamsudin Noor Banjarmasin sebelum melanjutkan perjalanan menuju Arab Saudi pada hari Minggu pukul 18.20 WITA. 

Wabup mengatakan, keberangkatan calhaj tersebut patut disyukuri karena pada tahun 2020 dan 2021 lalu sempat dibatalkan dengan pertimbangan keselamatan dan kesehatan seluruh jamaah akibat situasi pandemi Covid-19 yang belum kondusif. 

"Selama pandemi Covid-19, pada tahun 2020 dan 2021 lalu penyelenggaraan ibadah haji hanya dilakukan oleh warga yang berdomisili di Arab Saudi saja, dengan kuota yang sangat terbatas," katanya menyampaikan amanat Bupati Bartim Ampera AY Mebas.

Wabup juga mengingatkan bahwa perjalanan ke Tanah Suci Mekkah bukan perjalanan biasa, melainkan perjalanan untuk beribadah. 

Perlu diketahui oleh seluruh calhaj, orang nomor dua di Gumi Jari Janang Kalalawah ini mengingatkan bahwa untuk menjamin agar prosesi ibadah haji terlaksana dengan baik perlu ditunjang oleh fisik, mental dan kesehatan yang memadai.

"Selain itu juga diperlukan strategi pengelolaan waktu dan kegiatan agar energi dan stamina tidak terforsir sebelum waktunya yang dapat mengakibatkan kondisi kesehatan dan mental menurun pada saat rangkaian kegiatan ibadah mencapai puncaknya," tuturnya.

Ditambahkan, atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Bartim berharap agar calhaj dapat memantapkan kembali niat dalam diri masing-masing bahwa perjalanan yang dilakukan adalah perjalanan yang mempunyai nilai ibadah sehingga harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.[siti]


Lebih baru Lebih lama