Tupoksi BPD Wajib Diketahui dan Dipelajari

Dirgahayu ke-2 FK BPD Maliku, Rifa'i : 
KETUA DPRD Pulang Pisau, H Ahmad Rifa'i saat menyampaikan sambutannya pada kegiatan Dirgahayu ke-2 FK BPD Maliku.| foto : manan

PULANG PISAU - Dirgahayu ke-2 Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) atau FK BPD se-Kecamatan Maliku, kembali digelar dengan meriah. 

Dirgahayu FK BPD sendiri dikabarkan berlangsung pada Selasa 7 Mei 2022 di Gedung Olahraga Desa Kanamit Barat, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng). 

Ketua DPRD Pulang Pisau, H Ahmad Rifa'i, yang hadir langsung pada peringatan tersebut mengungkapkan secara fungsi dan tugas pokoknya, BPD tidak jauh berbeda dengan pihak legislatif atau DPRD, yakni sama-sama dipilih oleh masyarakat sebagai perwakilan yang diamanatkan untuk menyampaikan aspirasi ke pemerintahan, khususnya Pemerintah Desa (Pemdes).

"Cuma berbeda secara kuantitas wilayah saja. Kalau anggota dewan kan mencakup seluruh wilayah kabupaten sedangkan anggota BPD hanya wilayah desa saja dan sama-sama dipilih oleh masyarakat," kata H Amad sapaan akrab Ketua DPRD Pulang Pisau, Rabu (8/6/2022). 

Oleh karena itu, tegasnya, setiap anggota BPD wajib mengetahui dan belajar tugas pokok dan fungsi atau tupoksinya. 

Sebab, anggota BPD harus bisa menempatkan posisi dimana dia berada, sehingga tupoksinya berjalan dengan aturan. Artinya, selaras dengan pihak lainnya sebagai perwakilan masyarakat Desa tadi. 

"Diantara tupoksi BPD yang paling penting fungsi legislasi di Desa. Makan dari itu FK BPD ini sebagai tempat atau wadah pembelajarannya," tuturnya. 

Dia berharap ke depan FK BPD bisa dibentuk di kecamatan-kecamatan lainnya setelah Kecamatan Maliku, Pandih Batu dan Sebangau Kuala. 

"Harapannya 8 kecamatan yang ada di wilayah kabupaten ini FK BPD nantinya terbentuk semua," pungkasnya.

Sementara perlu diketahui, Dirgahayu FK BPD kali ini dihadiri Sekretaris DPMD, Camat Maliku, Kapolsek, Damang Maliku, perwakilan Apdesi/kepala desa, dan seluruh anggota BPD se-Kecamatan Maliku, serta beberapa anggota BPD Kecamatan Kahayan Hilir, Sebangau Kuala, Pandih Batu dan Kahayan kuala.

Di sesi akhir kegiatan dilakukan pemotongan tumpeng oleh Ketua FK BPD Kecamatan Maliku, Ir Alan dan dilanjutkan ramah tamah di Taman Desa Kanamit Barat.[manan]


loading...