Berobat Gratis dan Pelayanan di Rumah, Program Home Care Makin Dirasakan Warga Balangan

Berobat Gratis dan Pelayanan di Rumah, Program Home Care Makin Dirasakan Warga Balangan

DOKTER dan petugas kesehatan Puskesmas Paringin memberikan pelayanan kepada pasien di rumahnya.| foto : istimewa

PARINGIN - Program pelayanan kesehatan  gratis homecare, yang diluncurkan Bupati Balangan, H Abdul Hadi makin dirasakan warga Balangan.

Pasalnya, seperti yang dilakukan oleh UPT Puskesmas Kecamatan Paringin yang hingga saat ini ada 60 pasien dari 14  desa dan 2 kelurahan yang harus dilayani langsung di rumah, bahkan angka itu setiap harinya terus naik.

Seperti yang dikatakan Kepala UPT Puskesmas Paringin Dr, Hj Aulia Asmi Setiawaty, sejak Januari pihaknya telah menyusun grup dan kelompok, yang terdiri dari doktor, perawat, bidan desa, analisis kesehatan dan dari tenaga Puskesmas.

"Semua masyarakat yang dilayani secara home care gratis baik yang memiliki BPJS atau belum, namun apabila memiliki BPJS mempermudah apabila akan dilakukan rujukan lebih lanjut, sementara yang tidak memiliki BPJS akan dikoordinasikan dengan pihak desa untuk pengurusan pembuatan BPJS," ujarnya.

Untuk jadwal pelayanan home care di UPT Puskesmas Paringin, lanjut Aulia, sudah terjadwal setiap desa, dan saat  ini pihaknya memiliki 5 dokter yang melayani di dalam gedung ataupun luar gedung.

"Untuk home care itu sudah terjadwal satu bulan sekali di setiap Desa, dan apabila diperlukan diluar jadwal tersebut kami juga bisa," tuturnya.

Saat ini tamabhnya, yang terdaftar Homecare di Puskesmas Paringin 60 pasien dari 14 desa 2 kelurahan dan angka tersebut semakin hari semakin bertambah.

Rata-rata pasien yang dilayani secara home care yang tidak bisa melakukan aktivitas lagi dari berbagai macam penyakit.

"Dari lansia karena usia, kemudian  herpetensi, karena kecelakaan, dan lainnya. Kemudian katagori pasien yang dilayani secara home care bukan pasien gawat darurat, yang kami layani pasien yang tidak bisa ke fasilitas kesehatan," sebutnya.

Pihaknya juga terus mengupayakan Homecare semakin berkembang dan juga terus memberikan sosialisasi tentang program Homecare.[agus/adv]


Lebih baru Lebih lama