Terharu!, Jaket Biru Atlet Bartim Warnai Popprov 2022, Ini Kisahnya

Terharu!, Jaket Biru Atlet Bartim Warnai Popprov 2022, Ini Kisahnya

YELSI Meilani, atlet lompat tinggi Bartim raih medali emas di Popprov Kalteng 2022.| foto: istimewa

TAMIANG LAYANG - Sorak kegembiraan dari para atlet kontingen Kabupaten Barito Timur (Bartim) atas raihan beberapa medali pada Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Popprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) 2022 terdapat kisah yang memprihatinkan.

Dibalik kegembiraan tersebut, terdapat kisah yang sangat mengharukan dengan "Jaket Biru" yang dikenakan atlet asal Gumi Jari Janang Kalalawah itu diatas pudium ketika menerima medali.

Jaket berwarna biru yang dipakai atlet Bartim dari cabang atletik  saat naik ke podium untuk menerima medali di Popprov Kalteng 2022 tersebut hanya dua lembar yang dipakai secara bergantian.

Fakta tersebut diungkapkan Ketua Umum Pengurus Kabupaten Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (Pengkab PASI) Bartim, H Surya Ahmadi, Kamis (30/6/2022).

"Jaket berwarna biru yang dipakai atlet dari cabang atletik naik ke pudium untuk menerima medali ini hanya ada dua lembar. Ditengah orang banyak atlet harus melepas lagi jaket yang dipakai lalu dipasang kembali ke atlet yang lain ketika mau naik ke podium," ungkapnya.

Sebenarnya, ungkapnya, pakaian yang dipakai atlet ketika naik podium itu dengan pakaian lengkap kontingen. 

"Kami dari cabang atletik tidak mempunyai itugak, baju tanding saja kami cabor yang memikirkan" imbuhnnya.

Sebagai pengurus cabor atletik, dirinya tetap berjuang dan bekerja keras untuk memberi dukungan serta semangat untuk para atlet agar bisa bertanding dengan sebatas kemampuan yang dimiliki.

"Ada beberapa tim cabor yang mendanai secara patungan untuk memfasilitasi kegiatan yang saat ini berlangsung," terangnya.

Dirinya, berharap kondisi itu menjadi pengalaman berharga agar kedepannya para atlet yang membawa nama Bartim lebih diperhatikan dan didukung secara maksimal oleh Pemerintah Daerah setempat dengan alokasi anggaran.

Selain itu, Pemkab Bartim diharapkan untuk menyiapkan sarana dan prasarana untuk para atlet berlatih, khusus untuk lompat jauh dan lompat tinggi.

"Selama ini fasilitas untuk berlatih atlet cabor atletik ini kita minjam. Kami berharap Pemerintah Kabupaten Barito Timur dapat menyediakan sarana dan prasarana untuk atlet berlatih kalau ingin atlet kita ini maju dan mengharumkan nama daerah," tukasnya.

Diketahui, perolehan medali sementara pada Popprov 2022 pertanggal 29 Juni 2022 atau pada hari kedua event itu berlangsung, Bartim di posisi kedua dengan total 22 medali, diantaranya 8 emas, 7 perak dan 7 perunggu.

Di posisi pertama diraih oleh Kota Palangka Raya dengan mengumpulkan 29 medali. Posisi ketiga diraih Kotawaringin Barat dengan total perolehan 12 medali.[siti/kenedy]


Lebih baru Lebih lama