Paman Birin Komitmen Perhatikan Lansia


BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menggelar peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-26 tahun 2022, Jumat (17/7/2022) pagi.

Peringatan ini turut dihadiri Ketua PKK Provinsi Kalimantan Selatan Hj. Raudatul Jannah, serta seluruh pejabat lingkup Dinas Sosial dan Kepala Panti Provinsi Kalimantan Selatan.

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Prov Kalsel, Nurul Fajar Desira mengatakan, melalui peringatan hari lanjut usia nasional ini, pihaknya ingin lebih memperhatikan kualitas hidup lansia.

Hampir tiga dari sepuluh (29,52 persen) rumah tangga di indonesia dihuni oleh lansia. bahkan hampir tiga dari lima lansia bertindak sebagai kepala rumah tangga, dan menurut status tinggal bersama, sekitar satu dari sepuluh lansia tinggal sendiri. Lansia yang hidup sendiri merupakan kelompok berisiko yang memerlukan perhatian khusus.

Melihat kondisi ini, menurut Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel itu perlu dilakukan pendekatan kesejahteraan lanjut usia melalui ketahanan rumah tangga, mengingat lansia sangat membutuhkan dukungan orang yang tinggal bersamanya.

Lebih lanjut, terang Paman Birin, lansia sebenarnya dapat berperan sebagai subyek dalam pembangunan. Pengalaman hidup, menempatkan lansia bukan hanya sebagai orang yang dituakan dan dihormati di lingkungannya, tetapi juga dapat berperan sebagai agen perubahan di lingkungan keluarga dan masyarakat sekitarnya.

Dengan demikian dapat membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan khususnya dalam menguatkan ketahanan keluarga. Kalimantan Selatan sendiri, dengan lebih dari 9 persen penduduknya adalah lansia, maka perhatian terhadap lansia harus terus ditingkatkan.

“Melalui peringatan hari lanjut usia ini, kami tentunya ingin bubuhan pian para lansia baik yang menempati panti budi sejahtera maupun yang tinggal bersama keluarganya di rumah tetap sehat, aman, sejahtera dan hidup layak,” pesan Paman Birin.

Pada kegiatan ini Paman Birin juga mengingatkan kepada seluruh SKPD terkait, khususnya Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan agar terus melakukan upaya dalam meningkatkan kesehatan lansia melalui posyandu lansia, penguatan asistensi rehabilitasi sosial (atensi) bagi lansia, peningkatan sarana dan prasarana publik yang ramah lansia serta program penunjang layanan kesehatan dengan pendekatan berbasis keluarga, komunitas, dan/atau residensial agar efektif dan tepat sasaran.

Sementara itu,Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan Hj Siti Nuryani mengatakan, peringatan HLUN ini merupakan ajang silaturahmi, penghormatan, sekaligus untuk menghibur para lansia.

Disampaikanya, pada kegiatan ini juga diserahkan bantuan buah kursi roda, walker, tongkat tripod dan alat bantu dengar.[advertorial]

loading...