Kesbangpolinmas Miliki Tiga Bidang, Ini Masing-masing Programnya

KABAN Kesbangpolinmas Pulang Pisau, Sugondo.| foto : manan

PULANG PISAU - Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Pulang Pisau (Pulpis), Kalimantan Tengah (Kalteng), memiliki tiga bidang untuk menjalan program kerjanya. 

Masing-masing bidang berperan aktif dalam rangka menjalan tugas pokok dan fungsi (tupoksi). 

Ketiga bidang tersebut, yakni Bidang Kewaspadaan Nasional (Wasnas), Bidang Wawasan Kebangsaan (Wasbang), dan Bidang Politik Dalam Negeri (Poldagri). 

Itu disampaikan Kepala Badan (Kaban) Kesbangpolinmas Pulang Pisau, Sugondo kepada awak media ini, Selasa (7/6/2022) di ruang kerjanya. 

"Ketiga bidang tersebut memiliki tugas dan tanggungjawabnya masing-masing," ujar pria yang juga pernah menjabat Camat Kahayan Hilir. 

Untuk Bidang Wasnas, kata Sugondo, menangani terkait Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat atau FKDM. "Bidang ini menangani masalah konflik-konflik yang terjadi masyarakat, baik masalah sengketa tanah maupun SARA. Juga menangani masalah aliran kepercayaan, radikalisme serta memantau suku-suku dan keberadaan orang asing di daerah kita ini," bebernya.

Lanjut Sugondo, di Bidang Wasbang menangani masalah ketahanan ideologi, ekonomi, kebudayaan, sosial, budaya dan menangani masalah narkoba. 

"Di Bidang Wasbang ini juga menangani Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan ketahanan ekonomi serta pemantauan di program ketahanan pangan food estate," tuturnya. 

Kemudian, kata Sugondo, di Bidang Poldagri sendiri secara umum memiliki tugas pembinaan politik dalam negeri dan organisasi kemasyarakatan. 

"Jadi, kesimpulannya Kesbangpolinmas memiliki tupoksi melaksanakan menyusun rencana perumusan kebijakan dalam menjalan program kegiatan, mengkoor-dinasian, pembinaan, pengawasan, pengendalian, evaluasi dan fasilitasi lainnya dan sebagainya," tutupnya.[manan]


loading...