Banjir, Belasan Rumah di Dusun Lumpur Terendam

SALAH satu rumah warga Dusun Lumpur yang digenangi air akibat intensitas hujan.| foto : manan

PULANG PISAU - Beberapa tahun terkahir ini, Dusun Karukan Sekumpul atau dikenal Dusun Lumpur menjadi salah satu langganan banjir.

Dusun Lumpur sendiri diketahui terletak di wilayah Desa Sei Hambawang, Kecamatan Sebangau Kuala, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng). 

Dikabarkan pada Selasa (21/6/2022) ini, dampak banjir tersebut sedikitnya tak hanya melanda pemukiman warga, tetapi jalan poros wilayah setempat pun juga mendapat imbasnya. 

"Iya, Dusun kami banjir. Sejak kemarin malam. Sementara  ada 17 rumah yang terendam dengan ketinggai air 5  sampai 10 sentimeter," ujar Kepala Dusun (Kadus) Karukan Sakumpul, Asmuni kepada awak media ini. 

Menurutnya, banjir ini bukan yang pertama kali terjadi. Tetapi sudah terjadi dalam beberapa tahun. "Apalagi pas hujan seperti ini, debit air drastis meningkat hingga menggenangi belasan rumah warga," ungkapnya. 

Ditanya faktor lainnya, Asmuni belum bisa memastikan apakah ada penyumbatan pada aliran sungai dan kanal sehingga hingga air tidak dapat mengalir dengan lancar.

"Kalau saluran air cukup banyak dan pembuangannya langsung mengalir ke sungai. Mungkin saja ada beberapa penyumbatan," tukasnya. 

Terpisah, Camat Sebangau Kuala, Sugianto membenarkan perihal banjir yang melanda wilayah Dusun Lumpur. 

Dikatakan camat, hujan lebat terjadi sejak sore sampai tengah malam kemarin (20/6/2022), dan hingga hari ini hujan dikabarkan kembali terjadi.

"Kalau parit-parit yang ada di lingkungan cukup bersih. Jadi, untuk banjir ini murni akibat intensitas hujan dan kemungkinan dusun lumpur posisinya lebih rendah serta sungai yang mengarah ke muara laut tertutup oleh rerumputan jenis tanaman bakung biasanya," ungkap Camat Sugianto.

"Dan, kita berharap banjir ini ke depan tak terulang lagi. Ini tentu perlu menjadi perhatian bersama agar banjir tidak terjadi," tambahnya.[manan]


loading...