Pilkades Serentak 2022, Calon Petahana Banyak yang Gagal

Pilkades Serentak 2022, Calon Petahana Banyak yang Gagal

KADIS PMD Pulang Pisau, Hj Deni Widanarni saat pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2022.| foto : manan

PULANG PISAU - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2022 di 20 desa 5 kecamatan di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), sudah selesai, pada Rabu 18 Mei 2022.

Selama pelaksanaannya berjalan aman, lancar dan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). 

Informasi dihimpun awak media metrokalimantan.com, Kamis (19/5/2022) separo dari calon petahana di 20 desa yang melaksanakan Pilkades serentak ini gagal atau tidak terpilih lagi. 

Gagalnya calon kades petahana mempertahankan jabatannya, terlihat dari dukungan dan antusias masyarakat memilih calon kades dan  jagoannya masing-masing.

Tampaknya, para pemilih memahami betul makna dari berdemokrasi yang baik dan benar. Artinya masyarakat pemilih memang mencari sosok kades yang sesuai dengan hati nurani tanpa berharap adanya embel-embel dan lain sebagainya dari para calon. 

"Benar, dari data yang ada separo lebih dari calon petahana yang mengikuti Pilkades serentak tahun 2022 ini calon petahana tidak terpilih lagi atau kalah," kata Hj Deni Widanarni kepada awak media ini, Kamis (19/5/2022). 

Meski begitu, pesannya, kekalahan bukan akhir dari segala-galanya. Dari itu, jadikan  sebagai pelajaran dan pengalaman, dan tetap menjalin kebersamaan untuk membangun desa  di wilayah masing-masing bersama kades terpilih atau Kades yang baru . 

"Pelaksanaan Pilkades  Ini dilaksanakan  seperti pelaksanaan Pilkades tahun sebelumnya, dimana para calon petahana yang masa baktinya akan berakhir mendaftar kembali sebagai calon kades untuk periode berikutnya. 

Dimana dari 20 Desa yang melaksanakan Pilkades ada 12 Petahana yang mengikuti, dan hasil pemilihan kemaren dari data yang kami himpun sementara hasil perolehan  suara  ada 4 petahana yang masih bertahan dan ada 8 petahana yang tidak terpilih lagi, masyarakat  memilih calon yang baru.

"Ini menunjukan masyarakat pemilih menginginkan perubahan dan penyegaran pemimpinnya di desa," cetus Hj Deni sapaan akrab Kadis PMD Pulang Pisau. 

Sementara, terlaksananya Pilkades serentak tahun 2022 ini pihak nya (DPMD Pulpis) mengucapkan Puji syukur Alhamdulillah, bahwa Pilkades  Serentak yang dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 18 Mei 2022 kemaren berjalan dengan aman, tertib, lancar dan kondusif. 

Dan atas nama pribadi serta jajaran Dinas PMD Pulang Pisau sebagai leading sektor memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada pimpinan daerah dalam hal ini Bupati Pulang Pisau, Ketua DPRD beserta unsur Forkopimda, Sekda dan para pejabat lingkup Pemkab setempat serta Tim keamanan, dan lain lain sebagainya atas dukungan dan bantuan serta partisipasinya dalam tahapan pelaksanaannya juga pelaksanaan hari  pemilihan untuk memantau jalannya Pilkades serentak tahun 2022 ini, yang juga  dipantau langsung oleh pihak Kemendagri melalui Vidcon ZM  pada hari Pelaksanaan Pilkades kemaren.    

Pada kesempatan ini juga kami dari DPMD mengucapkan terimakasih 
 untuk seluruh panitia pilkades, baik panitia tingkat kabupaten, kecamatan, desa, dan masyarakat yang telah mendukung serta berpartisipasi menciptakan pilkades serentak yang aman, tertib, lancar dan kondusif.     

"Yang menang tidak jumawa, dan yang kalah harus legowo" Pilkades telah selesai, mari kita rekatkan kebersamaan, kembali bergandengan tangan untuk membangun desa, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat dan  desanya," pungkasnya.[manan]


Lebih baru Lebih lama