Pemprov Kalsel Peringati HUT Proklamasi 17 Mei 1949

Pemprov Kalsel Peringati HUT Proklamasi 17 Mei 1949

BANJARBARU - Peringatan HUT ke-73 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan digelar di Banjarbaru, Selasa (17/5/2022). 

Bertindak sebagai inspektur upacara Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor.

Di momen ini Sahbirin mengatakan, proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI merupakan bentuk perlawanan kepada penjajah dan juga pernyataan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Semangat para pejuang tak akan pernah lekang oleh waktu dan kita sebagai bangsa penerus harus meneladaninya,” tutur Sahbirin.

Menurut Sahbirin, peringatan Proklamasi 17 Mei 1949 merupakan pernyataan sejarah yang menunjukkan kegigihan, perjuangan dan komitmen untuk mempertahankan NKRI.

“Apa yang disampaikan Brigjend. TNI (Purn.) Hasan Basry kala itu, adalah bukan proklamasi berdiri sendiri, tetapi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proklamasi Republik Indonesia, mengingat pada saat itu keadaan pemerintahan Indonesia belum stabil,” terang Sahbirin.

Sahbirin menyerukan agar semangat juang yang diperlihatkan oleh Brigjend TNI (Purn.) Hasan Basry harus diwarisi oleh para pemuda saat ini.

“Pemuda-pemudi kita saat ini harus bahu-membahu melanjutkan perjuangan para pejuang yang telah gugur membela tanah air kita,” kata Sahbirin.

Tampak hadir dalam upacara, Ketua DPRD Kalsel, Supian HK, Danrem 101 Antasari, Brigjen TNI Rudi Puruwito dan Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar, serta tamu undangan lainnya. 

Selain upacara, bersamaan momen ini juga dilakukan ziarah ke makam Brigjen TNI (Purn) Hasan Basry.[advertorial]


Lebih baru Lebih lama