Ketua DPRD Kotabaru Minta Forum CD-CSR Dihidupkan Kembali

KOTABARU - Ketua DPRD Kotabaru, Syairi Mukhlis S.Sos meminta Forum CD-CSR yang lama vakum dihidupkan kembali untuk memback-up kegiatan di desa, mengingat kondisi APBD Kotabaru sekarang ini sedang seret.

"Dengan keterbatasan ABPD Kotabaru yang tidak mampu membiayai semua usulan-usulan Musrenbang Desa, ini tentunya dapat disinergikan melalui Forum CD-CSR," tutur Syairi.

Melalui Forum CD-CSR tersebut dapat mengkolaborasikan program perusahaan dengan program Musrenbang Desa. Dengan begitu, Musrenbang Kabupaten Kotabaru melalui usulan Musrenbang Desa yang tidak tercover dengan APBD bisa dikoordinasikan dan disinkronkan dengan CD-CSR.

"Selain itu, program CD-CSR diberikan perusahaan kepada desa adalah program yang sudah menjadi skala prioritas desa dan bermanfaat bagi masyarakat luas," kata Syairi.

Menurutnya, terkadang program CD-CSR ini memang bagus untuk pemberdayaan, akan tetapi ada golongan-golongan tertentu yang biasanya bisa dilakukan ketika sudah menjadi usulan desa, kebutuhan air bersih otomatis satu desa akan dapat memanfaatkannya.

"Namun ketika terdanai di APBD, diharapkan dana CD-CSR itu bisa masuk, akan tetapi apabila Forum CD-CSR ini dihidupkan kembali biasanya diketuai oleh Sekda Kotabaru," ucapnya.

Untuk itu, lanjut Syairi, Sekda Kotabaru harus memanggil seluruh perusahaan untuk menyampaikan hasil Musrenbang Kabupaten Kotabaru, seperti kegiatan-kegiatan yang tidak di danai oleh APBD. Ini agar perusahaan nanti yang mana akan mereka ambil untuk dana CD-CSR nya.

Ia juga mengatakan, seperti kondisi Jalan Desa Tanjungsari-Sangsang yang saat ini mengalami kerusakan, padahal wilayah jalan tersebut masuk dalam lingkup perusahaan Sinarmas.

Syairi juga pernah meminta kepedulian perusahaan yang masih melewati jalan tersebut, dan ada yang peduli dari perusahaan yang mau melakukan pemeliharaan dan perbaikan jalan tersebut.

Syairi berharap kepada seluruh perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ada di wilayahnya, seperti Sinarmas agar bersama-sama turun dan membantu perbaikan apabila jalan tersebut dalam keadaan baik dan mereka pun juga ikut merasakan dan menikmati.[zainuddin]


loading...